Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Hukum Sholat Jumat Jika Idul Fitri Jatuh pada Hari Jumat

×

Hukum Sholat Jumat Jika Idul Fitri Jatuh pada Hari Jumat

Sebarkan artikel ini
Hukum Sholat Jumat
Ilustrasi. Hukum Sholat Jumat di hari raya Idul Fitri. Sumber: freepik.

SEMARANG, beritajateng.tv – Islam menyebut Jumat juga Id (lebaran) sebagaimana Idul Fitri dan Idul Adha. Lantas, bagaimana jika hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Jumat? Apakah kita wajib melaksanakan sholat raya dua kali dalam satu hari? Bagaimana hukum sholat Jumat di hari raya idul fitri?

Dikutip dari laman NU, semua ulama sependapat bahwa antara kedua shalat Id dan sholat zhuhur tidak saling menggugurkan. Akan tetapi, bagi yang telah melakukan sholat Idul Fitri tidak wajib sholat Jumat. Artinya hukum sholat Jumat di hari raya Idul Fitri mubah.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hukum sholat Jumat di hari raya Idul Fitri boleh memilih antara sholat zhuhur atau shalat Jumat. Akan tetapi, bagi Imam atau khatib Jumatt sebaiknya tetap menjalankan sholat Jumat untuk mengukur berapa orang yg akan hadir Jumatan.

Apabila ternyata yang hadir sholat Jumat kurang dari 40 orang, (menurut Imam Syafi’i) maka laksanakan sholat zhuhur berjamaah.

Ulama melakukan analogi terkait hukum sholat Jumat (qiyas), bahwa dengan sholat Id maka seruan melakukan pertemuan antar masyarakat sudah terlaksana tanpa adanya shalat Jum’at. Jika sudah melaksanakan salah satunya, antara shalat Id dan Jumat maka sudah dianggap cukup.

Tinggalkan Balasan