Scroll Untuk Baca Artikel
JatengNews Update

Kodam IV/Diponegoro Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

×

Kodam IV/Diponegoro Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Sebarkan artikel ini
Kodam IV/Diponegoro Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Semarang, 20/5 (BeritaJateng.tv) – Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito bertindak sebagai Irup dalam pelaksanaan Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 bertempat di Lapangan Makodam IV/Diponegoro. Jumat (20/05/2022).

Diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro, dalam pelaksanaannya peringatan Upacara Harkitnas mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama” merupakan implementasi dari awal kebangkitan Nasionalisme bangsa Indonesia.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Melalui amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Kasdam mengatakan peringatan Harkitnas tidak lepas dari berdirinya perkumpulan Boedi Oetomo yang ditetapkan oleh Presiden Soekarno pada 20 Mei 1948 sebagai sebuah organisasi modern untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa bangsa lain dan menjadi semangat semangat persatuan serta mencegah perpecahan bangsa.

Didirikan pada tahun 1908 oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Aetsen), tujuan utama didirikan organisasi tersebut untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan.

Kelahiran Boedi Oetomo juga mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya, seperti Indische, Partij, perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

“Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia”

Tinggalkan Balasan