Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

PDIP Menangkan Pileg DPRD Provinsi Dapil Jateng 5, Petahana Dominasi Kursi, PKB Hadirkan Wajah Baru

×

PDIP Menangkan Pileg DPRD Provinsi Dapil Jateng 5, Petahana Dominasi Kursi, PKB Hadirkan Wajah Baru

Sebarkan artikel ini
Jateng DPRD
A. Baginda Muhammad Mahfuz H (kiri. Dok: KPU), Niken Mayasari (tengah. Dok: @niken_mayafairuza/TikTok), dan Rohmat Marzuki (kanan. Dok: KPU).

SEMARANG, beritajateng.tv – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah telah menetapkan hasil Pileg DPRD Provinsi Jateng 2024.

Saat beritajateng.tv hubungi pada Selasa, 12 Maret 2024, Anggota KPU Jateng Divisi Data dan Informasi, Paulus Widiyantoro, mengungkap seluruh hasil Pemilu, baik Pilpres, Pileg DPR RI, DPRD Provinsi, dan Pemilu DPD RI telah disahkan dalam Rapat Pleno Nasional di KPU RI pada tanggal yang sama.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Jateng sudah disahkan semua hasil Pemilu 2024,” ujar Paulus dalam pesan singkat WhatsApp.

Khusus Dapil 5 yang mencakup Kabupaten Grobogan dan Blora, PDI Perjuangan memeroleh suara tertinggi sebanyak 337.904 suara. Berlanjut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 235.198 suara. Partai Gerindra pun tak mau kalah, partai berlambang burung garuda itu berada pada posisi ketiga dengan perolehan 168.909 suara.

BACA JUGA: Dua Caleg PKB Kuasai Hasil Rekapitulasi Pileg DPRD Provinsi Dapil Jateng 3, Ulil Albab Tertinggi

Sementara itu, Partai Golkar berada di posisi keempat dengan 100.184 suara. Dilanjutkan oleh Partai Demokrat pada posisi kelima dengan 98.033 suara. Sementara itu, Partai Keadilan Sejahteran (PKS) menduduki posisi keenam dengan 80.560 suara. Adapun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di posisi ketujuh dengan 69.858 suara.

Menariknya, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendapatkan suara yang cukup signifikan dari Dapil 5, yakni 59.608 suara yang mengantarkan partai itu berada di posisi kedelapan.

Atas perolehan suara partai politik itu, PDI Perjuangan memungkinkan untuk mendapatkan jatah 2 (dua) kursi dari Dapil 5. Nama petahana A. Baginda Muhammad Mahfuz H yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi C memeroleh suara terbanyak dari PDI Perjuangan di Dapil 5. Adapun perolehan suara Mahfuz yakni 84.387. Sehingga, Mahfuz berada pada peringkat pertama di antara 7 (tujuh) Caleg PDI Perjuangan lainnya.

Lanjutan perolehan suara caleg DPRD Provinsi Dapil Jateng 5

Petahana dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jateng, Yohanes Winarto dengan perolehan 43.287 suara berhasil mengantarkannya pada peringkat kedua. Sehingga, Mahfuz H dan Yohanes Winarto berpotensi untuk terpilih sebagai Anggota DPRD Jateng dari Dapil 5.

Pendatang baru justru muncul dari PKB. Nama Niken Mayasari dengan nomor urut 3 berpotensi terpilih menjadi Anggota DPRD Jateng dengan suara terbanyak, yakni 71.237 suara. Adapun nama Abdulah Aminudin yang sebelumnya menjabat sebagai Anggota DPRD Blora juga potensial terpilih. Bermodal suara terbanyak kedua yakni 44.440 suara, Aminudin bisa menggeser petahana Dennt Septiviant.

Tinggalkan Balasan