Pemkab Demak Cairkan Bantuan Relokasi Rumah Warga Terdampak Rob

Pemkab Demak Cairkan Bantuan Relokasi Rumah Warga Terdampak Rob

Demak, 6/7 (BeritaJateng.tv) – Reaksi cepat yang dilakukan pemerintah kabupaten Demak melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) dalam mewujudkan masyarakat di dua desa terdampak air pasang (rob) perlu di apresiasi positif.

Pasalnya pencairan bantuan sosial pembangunan rumah baru bagi korban bencana dan relokasi program kabupaten Demak tahun 2022 resmi diserahkan masyarakat di desa Timbulsloko dan Bedono.

Hal itu disampaikan Bupati Demak Eistianah, usai kegiatan pencairan bantuan rehab rumah terdampak rob, Rabu (6/7).

“Sebanyak 38 unit rumah baru di Timbulsloko dan 16 unit rumah rehab di Bedono, masing-masing menerima Rp. 50juta dipotong 400 ribu untuk biaya adminitrasi,” terang Bupati Demak.

Nantinya, lanjut orang nomor satu di kabupaten Demak ini, dalam pembagunannya akan diterapkan sistem ruspin ( rumah unggul sistem panel instan ) bagi pembangunan rumah penerima manfaat tersebut.

Hal ini mengingat sistem tersebut dinilai sangat efisien waktu dan ramah lingkungan cocok untuk pemukiman didaerah pesisir pantai laut Jawa.

Sementara itu menurut Ketua DPRD Demak, Fahrudin Bisri Slamet, program ini merupakan tindak lanjut kunjungan Bupati di kedua desa hingga akhirnya direspon cepat oleh disperkim Demak, hasilnya relokasi dan bembangunan total.

“Semoga program ini bisa berlanjut ke daerah lain yang mengalami musibah yang sama, semoga program bupati ini tepat sasaran tanpa ada benturan dan dampak negatif lainnya,” tegas Ketua DPRD Demak.

Dilain sisi menurut salah satu warga Bedono penerima manfaat Suryono (70), dirinya mengaku sangat bersyukur mendapatkan bantuan relokasi rumah dari pemerintah kabupaten Demak, mengingat setiap hari dirinya bersama keluarganya harus hidup berdampingan dengan air pasang selama kurang lebih belasan tahun yang lalu.

” Sekali lagi terimakasih, saya dan keluarga akhirnya bisa terbebas dari air rob,” ucap Suryono sambil terbata-bata menahan haru mendapatkan program relokasi rumah dari pemerintah kabupaten Demak. (BW/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.