Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Pemkot Semarang Bakal Bangun Gapura dan Perlebar Akses Jalan Makam Kyai Sholeh Darat

×

Pemkot Semarang Bakal Bangun Gapura dan Perlebar Akses Jalan Makam Kyai Sholeh Darat

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Ali

Semarang, 1/1 (BeritaJateng.tv) – Selesainya pembangunan gapura Makam KH Sholeh Darat akan diikuti renovasi bangunan makam dan pelebaran jalan akses menuju makam tersebut pada 2022.

Jika semua telah terealisasi, nantinya, pengunjung akan diminta melepas alas kaki kalau hendak berziarah ke makam ulama kharismatik tersebut. Sebagai tanda penghormatan kepada KH Sholeh Darat yang pernah berjasa besar dalam syiar agama Islam di Kota Semarang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Ali mengatakan, renovasi area Makam KH Sholeh Darat memang dilangsungkan bertahap mengingat penganggaran yang terbatas di 2021. Untuk proses pelebaran jalan akses makam, pihaknya telah mengidentifikasi ahli waris makam terdampak.

”Proses pengerjaan diawali dengan pembangunan gapura Makam KH Sholeh Darat, renovasi bangunan makam, pelebaran jalan akses makam hingga 60 sentimeter, dan pembangunan tempat wudhu di dekat gapura makam. Ada satu lahan yang masih kosong, bisa digunakan untuk dibangun tempat wudhu. Peziarah nantinya diminta menyucikan diri dulu sebelum memasuki area makam. Selain itu, mereka tidak diperbolehkan mengenakan alas kaki selama berada di area makam KH Sholeh Darat,” ujar dia, saat ditemui di kantornya, Kamis (30/12).

Menurut Ali, tempat wudhu atau kamar mandi juga akan disediakan di dekat makam KH Sholeh Darat, untuk mengantisipasi kalau hendak menyucikan diri lagi pada saat sudah berada di dalam area makam. Sedangkan alas kaki yang telah dilepas, peziarah nantinya akan diberi tas untuk menaruh sandal atau sepatunya. Tas tersebut bisa dibawa saat masuk ke dalam area makam.

Tinggalkan Balasan