Scroll Untuk Baca Artikel
PolitikUncategorized

Potensi Hoaks Makin Meningkat Jelang Pemilu 2024, Binokular: Buzzer Sudah Kenal Algoritma Medsos

×

Potensi Hoaks Makin Meningkat Jelang Pemilu 2024, Binokular: Buzzer Sudah Kenal Algoritma Medsos

Sebarkan artikel ini
diskusi bulanan AMSI
Diskusi bulanan AMSI yang digelar secara daring, Rabu 27 September 2023.

SEMARANG, beritajateng.tv – Disinformasi atau hoaks di media sosial menjelang Pemilu 2024 terancam lebih masif terjadi ketimbang tahun 2019. Berdasarkan hasil lembaga riset Binokular, pengguna aktif media sosial di Indonesia saat ini menyentuh angka 167 juta.

Project manager Binokular ID Oleg Widoyoko menyebut, jumlah fantastis pengguna media sosial di Indonesia menjadi momok yang buzzer manfaatkan di tahun politik.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Temuan kami menjelang tahun 2024 ini tim maupun buzzer sudah mengenal algoritma dari sosial media. Yang mana mereka bisa melakukan personifikasi dan micro targeting,” ujar Oleg dalam Diskusi Bulanan AMSI, Rabu 27 September 2023.

Menurutnya, buzzer yang mampu melakukan profiling dan micro targeting ini dapat menembak pengguna media sosial secara tepat berdasarkan preferensi pengguna yang berbeda-beda.

“Misalnya ketika kita menyasar pemilih muda di Jawa Barat, ada narasi-narasi yang sudah terbuat secara khusus untuk tipe pemilih di sana,” sambungnya.

Adapun jenis hoaks yang kerap buzzer gunakan sebagai senjata antara lain kabar palsu, foto editan, penyampaian informasi keliru, hingga potongan video masing-masing Bacapres.

“Seperti event Narasi di UGM Jogja kemarin trennya bertahan tiga minggu. Tetapi tim buzzer menjadikan tren itu lebih panjang, jadi pengulangan narasi Bacapres dari event tersebut akan tetap ada sampai hari pemilihan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Catatan Merah untuk Ganjar Pranowo, Isu Lingkungan Berpotensi Jadi Batu Sandungan saat Kampanye Pilpres

Bagi Oleg, pola penyebaran seperti itu dapat mengubah persepsi masyarakat, khususnya pengguna media sosial.

Ungkap ‘bank issue’ masing-masing Bacapres, apa saja?

Ketiga Bacapres yang kini eksis, baik Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, hingga Anies Baswedan menurut Oleg punya isu yang akan terus  buzzer mainkan.

Bank issue yang akan dimainkan akan terus berulang sampai Februari nanti. Dari isu negatif ini, akan ada isu baru yang diulang dan disambung lagi di Pemilu 2024,” ungkap Oleg.

Tinggalkan Balasan