Rob Tinggi di Semarang, BPBD Evakuasi Pekerja Pabrik Terjebak Rob

Ilustrasi banjir rob. (Ari Nur Kusuma/beritajateng.tv)

SEMARANG, 23/5 (BeritaJateng.tv) – Kota Semarang bagian utara terkena limpasan rob akibat air pasang yang terjadi sejak Minggu (22/5/2022) malam.

Sejumlah titik lokasi yang terdampak air rob seperti di daerah Tugu, Mangkang, Tambak Lorok, hingga daerah Pelabuhan Tanjung Mas yang mengalami dampak terparah.

Dua perusahaan apparel yang ada di kawasan pelabuhan, PT Victory dan Pinnacle terjebak kepungan rob yang tingginya mencapai pinggang orang dewasa.

“Anggota kami bertindak cepat sejak pagi sudah melakukan tindakan atisipasi, seperti menerjunkan seluruh personel dan perahu karet penyelamat guna mengevakuasi tenaga kerja yang masih ada di dua perusahaan,” kata Sekretaris BPBD Kota Semarang, Senin (23/5/2022).

Kepala BMKG Tanjung Mas Semarang, Retno Widyaningsih, mengatakan, kejadian naiknya permukaan air laut hingga mengakibatkan limpasan air ke jalan merupakan siklus air pasang yang terjadi, dan untuk kali ini yang terparah karena mencapai 210 centimeter.

“Sejumlah daerah yang terdampak limpasan rob air pasang terjadi di Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Rembang dan Pati,” katanya.

Retno mengatakan, diperkirakan ketinggian air masih akan terjadi hingga tiga hari ke depan, oleh karena itu warga masyarakat diharap waspada akan kemungkinan banjir rob yang terjadi. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.