Scroll Untuk Baca Artikel
JatengNews Update

SAR Semarang Gelar Pelatihan Resque di Gunung dan Hutan

×

SAR Semarang Gelar Pelatihan Resque di Gunung dan Hutan

Sebarkan artikel ini
SAR Semarang Gelar Pelatihan Resque di Gunung dan Hutan

Berdasarkan informasi dari Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, Instruktur yang menggawangi kegiatan tersebut berasal dari pegawai Kantor SAR Semarang dan untuk peserta dari berbagai anggota potensi SAR berjumlah 44 peserta.

“Pelatihan Jungle Rescue bertujuan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan pencarian dan pertolongan gunung hutan , peserta kebanyakan pengurus Base camp pendakian gunung Sindoro , Sumbing. Beberapa materi yang disampaikan antara lain substansi Basarnas, Medical First Responder, Navigasi Darat, Survival dan sebagai puncak dari kegiatan ini, akan dilakukan praktek ESAR,” terang Heru.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Adapun Pelatihan tersebut digelar di dua lokasi yakni untuk materi kelas digelar di aula Base camp Gunung Sumbing dan untuk aplikasi lapangan digelar Gunung Sumbing dari pos 1 sampai pos 2.

Potensi SAR yang menjadi kekuatan dari penyelematan hendaknya memiliki pengalaman yang cukup, basis keilmuan dan pengetahuan yang luas serta keahlian yang tinggi. Operasi penyelamatan yang cepat dan andal tentu akan meningkatkan kemungkinan terselamatkannya korban.

“Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan ini, semoga terbentuk para potensi SAR yang profesional, andal, dan tanggap,” tutup Retno dalam pidato pembukaan atas nama Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, S.Ag. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan