Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

Sidang PHPU di MK, Timnas AMIN Ungkap 4 Negara yang Pernah Batalkan Hasil Pemilu Akibat Curang, Mana Saja?

×

Sidang PHPU di MK, Timnas AMIN Ungkap 4 Negara yang Pernah Batalkan Hasil Pemilu Akibat Curang, Mana Saja?

Sebarkan artikel ini
Hasil Pemilu
Pihak Timnas AMIN membacakan permohonan soal 4 negara yang pernah membatalkan hasil pemilu dalam sidang perdana perselisihan hasil Pemilu (PHPU) atau Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu, 27 Maret 2024. (Foto: YouTube/Mahkamah Konstitusi)

SEMARANG, beritajateng.tvTimnas AMIN menyoroti fakta bahwa beberapa negara pernah membatalkan hasil Pemilu karena ada kecurangan dalam penyelenggaraannya.

Salah satu kuasa hukum Timnas AMIN, Bambang Widjojanto, mengungkap hal tersebut saat membacakan permohonan perselisihan hasil Pemilu / Pilpres 2024 (PHPU) dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu, 27 Maret 2024.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Bambang menjelaskan bahwa pada dasarnya, praktik hukum Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung di beberapa negara di dunia memiliki dasar yang sama.

BACA JUGA: Tunggu Investigasi Kecurangan Pemilu, Timnas AMIN Jateng Buka Peluang Gandeng TPN Ganjar-Mahfud

“MK memiliki kewenangan untuk menegakkan keadilan, bukan hanya sekadar penegakan hukum. Mereka menegakkan hak konstitusional serta HAM serta memastikan safeguard of democracy, bukan sekadar menyelesaikan sengketa hasil suara,” ujar Bambang.

Tinggalkan Balasan