Scroll Untuk Baca Artikel
Peristiwa

Timur Tengah Memanas, Simak 4 Fakta Serangan Iran Terhadap Israel, Betulan Dukung Palestina?

×

Timur Tengah Memanas, Simak 4 Fakta Serangan Iran Terhadap Israel, Betulan Dukung Palestina?

Sebarkan artikel ini
Iran Israel
Drone Iran. (ant)

SEMARANG, beritajateng.tv – Baru-baru ini Iran melakukan serangan udara besar-besaran ke Israel pada Minggu, 14 April 2024 dini hari waktu setempat. Ratusan pesawat nirawak dan rudal pun mereka luncurkan ke Israel secara bersamaan.

Benarkah serangan ini terkait dengan dukungan Iran terhadap Palestina?

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Islam Iran di Jakarta baru saja merilis pernyataan resminya melalui siaran pers pada Minggu, 14 Minggu 2024. Berikut poin pentingnya:

BACA JUGA: Awas Salah Merk! Berikut Daftar 22 Kurma Israel yang Perlu Kita Boikot

1. Serangan balasan

Kedubes Iran di Jakarta mengungkapkan, serangan terhadap Israel kali ini merupakan serangan balasan. Sebelumnya, Israel terlebih dahulu menyerang wilayah Suriah dan Damaskus pada awal bulan ini.

Kedubes Iran pun menekankan jika langkah penyerangan terhadap Israel merupakan pembelaan sesuai dengan Pasal 51 Piagam PBB. Itu adalah reaksi dari serangan berulang-ulang Israel hingga menyebabkan pejabat militer setempat tewas.

“Sebagai tanggapan pembalasan terhadap agresi militer berulang-ulang rezim Zionis, di mana menyebabkan kesyahidan para penasihat militer resmi Iran yang secara resmi hadir di Suriah atas undangan pemerintah Suriah dan beraktivitas di sana,” tulisnya.

2. Pembelaan diri

Kedubes Iran di Jakarta pun menegaskan, serangan tersebut sebagai upaya dalam mempertahankan kedaulatan wilayah dan kepentingan nasional dari agresi Israel. Sekali lagi, menurut mereka, penyerangan terhadap Israel adalah bentuk pembelaan diri Iran.

Tinggalkan Balasan