TMMD Sukses Bangun Infrastruktur Antisipasi Longsor di Tinjomoyo

TMMD Sukses Bangun Infrastruktur Antisipasi Longsor di Tinjomoyo

SEMARANG, 25/8 (BeritaJateng.tv) – Pemerintah Kota Semarang bersama Kodim 0733 Semarang menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II 2022, di Balai Kota Semarang, Rabu (24/8/2022).

Program TMMD tahap dua ini telah berjalan satu bulan di Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik. Berbagai kegiatan telah diselesaikan atas kerjasama TNI dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang serta OPD lain.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, Kodim telah melakukan banyak hal untuk Kota Semarang pada TMMD Sengkuyung tahap II di Tinjomoyo, Banyumanik, diantaranya pembangunan bronjong, talud, pavingisasi, bedah rumah, dan kegiatan nonfisik.

“Adik-adik dikumpulkan untuk diberi wawasan kebangsaan, ketahanan bangsa. Ini luar biasa,” ucap Hendi, sapaannya.

Dia menilai, pembangunan Kota Semarang bisa dipercepat dengan model gotong royong. Ini adalah bagian dari bergerak bersama membuat Semarang semakin hebat.

Menurutnya, hasil pekerjaan yang dilakukan aparat TNI sangat baik. Hubungan TNI dengan masyarakat juga terjalin dengan baik.

“Biasanya, kalau yang ngerjain tentara hasilnya lebih gede dari pada analisa perhitungan. Saya rasa kita sangat percaya terhadap teman-teman kodim. Pekerjaannya oke, kemasyarakatannya juga oke,” ujarnya.

Pada Oktober mendatang, Pemerintah Kota Semarang juga akan kembali bekerja sama membangun Kota Semarang melalui TMMD reguler. Sasaran TMMD reguler akan lebih besar. Selain anggaran dari Kodim, Pemkot melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar.

“Kegiqtan nanti disinergikan dengan kawan-kawan Kodim 0733 Kota Semarang pada TMMD reguler yang akan dilaksanakan di Genuk. Supporting anggaran Rp 2,5 miliar, tapi Kodim juga ada penganggaran sendiri,” terangnya.

Dandim 0733 Kota Semarang, Letkol Inf Honi Havana mengatakan, TMMD ini merupakan bentuk implementasi membantu pemerintaj daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pihaknya mendukung program-program wali kota agar Se.arang semakin sejahtera dan hebat.

“Di Tinjomoyo Banyumanik, ada pembangunan bronjong dan selokan intuk antisipasi longsor. Kami juga buat kegoatan sosial kemasyatakatan, wawasan kebangsaan dengan kerja sama OPD. Insyaallah, bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Pihaknya saat ini juga sedang menggodok rencana TMMD reguler yang rencananya akan dilaksanakan di Genuk pada Oktober mendatang. Dia membeberkan, akan ada dukungan dari pusat berupa pasukan setingkat kompi yang akan membantu program-program TMMD reguler. (Ak/El)

Leave a Reply