Tol Semarang – Demak Resmi Dibuka Fungsional 22 Desember 2022 Mendatang

Gerbang tol Semarang-Demak. /Foto: Wisnu Budi.

Demak, 19/12 (BeritaJateng.tv) – Sempat ditutup beberapa waktu lalu karena sedang dilakukan uji layak fungsi (ULF), Jalan Tol Seksi II Semarang – Demak rencananya bakal dibuka kembali untuk umum pada 22 Desember mendatang atau menyesuaikan dengan liburan natal dan tahun baru.

Humas PT PP Robbi Sumarna mengatakan bahwa sesuai rencana usai dilakukan ULF oleh tim gabungan, jalan tol Sayung – Kadilangu akan kembali dibuka untuk umum pada tanggal 22 Desember mendatang.

“Memang beberapa waktu kemarin dibuka untuk membantu mengurai kemacetan di jembatan Wonokerto karena dibongkarnya jembatan tersebut. Kini setelah jembatan sudah dibuka dan arus kembali lancar maka jalan tol kembali ditutup untuk dilakukan ULF,” jelasnya.

Adapun hasil ULF kemarin hanya berupa pembenahan-pembenahan di beberapa titik seperti marka, lampu penerangan, rambu, dan uji beban juga sudah dilakukan dengan beban maksimal 40 ton. Tidak ada pembenahan lainnya yang harus dilakukan hingga tanggal 15 November kemarin.

Sementara itu untuk tarif tol sendiri puhaknya belum bisa memberikan penjelasan karena masih menunggu pengajuan tarif tol yang akan disetujui terlebih dahulu oleh pusat, dalam hal ini BPJT ( Badan Pengatur Jalan Tol ).

“Rencana tarif tol antara Rp 1000 sampai Rp 1200 untuk per kilometernya, namun keputusan mengenai tarif tersebut masih belum turun, kemungkinan tarifnya Rp 15 ribu. Kemungkinan bulan Januari sudah ada ketentuan tarifnya, sehingga selama menunggu kepastian tarif, jalan tol masih gratis, ” pungkasnya. (BW/El)

Tinggalkan Balasan