Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineNews UpdatePariwisata

BOB Yakin Industri Pariwisata Indonesia Optimis Bangkit

×

BOB Yakin Industri Pariwisata Indonesia Optimis Bangkit

Sebarkan artikel ini

“Adanya bukti arkeologis yang membentang dari pantai utara hingga pedalaman Jawa Tengah, menunjukkan adanya jalur kuno pada masa lalu,” jelasnya.

Jalur itu disebutnya berfungsi sebagai jalur perdagangan, penyebaran agama dan budaya, dan berbagai jenis interaksi manusia pada masanya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Berbagai bukti lawatan masa lampau yang merupakan bagian sejarah dari Pulau Jawa ditemukan dalam berbagai bentuk seperti prasasti, manuskrip, dan arsip.

Bukti-bukti tersebut banyak berisikan tentang catatan perjalanan, seperti penjelajahan alam, eksplorasi budaya, kunjungan ke tempat-tempat wisata hingga perkembangan kesusastraan Jawa.

Salah satu bukti lawatan masa lampau, yaitu Prasasti Canggu atau dikenal dengan nama Prasasti Trowulan I.

Prasasti ini adalah piagam kerajaan yang dikeluarkan pada masa Raja Hayam Wuruk, dan mengungkapkan setidaknya ada sekitar 33 desa penyebrangan di tepi Bengawan Solo dan 44 desa di tepi Sungai Brantas.

Ia menambahkan, data arkeologi itu dapat dijadikan satu acuan bagi instansi kepariwisataan dalam menyusun atau membentuk program wisata.

Ia berharap, talkshow ini akan mendapatkan gambaran terkait potensi data arkeologi yang bisa dijadikan dasar untuk menyusun pola perjalanan wisata pada masa sekarang, khususnya di area kerja BOB. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan