Scroll Untuk Baca Artikel
JatengNews Update

Destara Jateng Dorong Budidaya Kunyit Demak Jadi Potensi Tingkatkan  Ekonomi Warga

×

Destara Jateng Dorong Budidaya Kunyit Demak Jadi Potensi Tingkatkan  Ekonomi Warga

Sebarkan artikel ini

Ia berharap, masyarakat, kepala desa, perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bekerjasama bersama dengan BUMDes untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada. Kemudian menyelenggarakan pelatihan-pelatihan ekonomi bersama dengan menggandeng Dinas Koperasi Kabupaten Demak atau Dinas Koperasi Provinsi Jateng, serta Dinas BP3AKB.

“Masyarakat Kebonbatur kudu berdaya, mempunyai inovasi, dan mempunyai jiwa pebisnis atau berwirausaha. Sehingga apa saja yang tersedia di daerah Kebonbatur yang bisa dikembangkan lagi,” pintanya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ketua Umum BKOW Jateng, Nawal Arafah Yasin menambahkan, pelatihan ekonomi bagi group perempuan di Desa Kebonbatur. Pelatihan mengolah kunyit jadi berbagai produk minuman dan serbuk kering tersebut diikuti sebanyak 30 perempuan yang terbagi jadi tiga kelompok.

“Tujuan pelatihan ekonomi di Desa Kebonbatur ini adalah untuk menambah keterampilan mengolah hasil pertanian, terlebih kunyit. Pelaksanaan program Destara ini lebih fokus terhadap pemberdayaan perempuan rentan,” katanya.

Program Destara 2021 dilaksanakan di tiga kabupaten yang dipilih sebagai pilot project. Yakni Kabupaten Pemalang lewat budidaya buah rambutan di Desa Bantarbolang, Kabupaten Demak bersama dengan kunyit sebagai komoditas unggulan Desa Kebonbatur, dan Kabupaten Sragen lewat budidaya ikan air tawar. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan