Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineKesehatanNews Update

Dinas Kesehatan Siapkan metode Wolbachia Atasi Kasus DBD di Semarang

×

Dinas Kesehatan Siapkan metode Wolbachia Atasi Kasus DBD di Semarang

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinkes Kota Semarang, M. Abdul Hakam.

SEMARANG, 14/8 (BeritaJateng.tv) – Kasus demam berdarah dengue (DBD) masih menjadi momok tersendiri bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, meski jumlah kasusnya semakin berkurang. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, menyiapkan metode Wolbachia untuk menekan pertumbuhan kasus demam berdarah.

Sebelumnya cara ini sudah dilakukan Kementerian Kesehatan di daerah Bantul dan Sleman pada tahun 2020 lalu, dan hasilnya jumlah kasus mengalami penurunan sebesar 77 persen. Kota Semarang menjadi pilot project selanjutnya metode Wolbachia, yang kemungkinan akan dilakukan pada tahun ini bersama empat wilayah lainnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Ini ada strategi baru yang namanya Wolbachia. Wolbachia adalah bakteri yang nantinya akan dimasukkan ke nyamuk Aedes Aegypti. Kalau ada nyamuk Aedes Aegypti yang ber wolbachia ada kumannya tadi, maka dia akan menjadi mandul, atau tidak bisa menetas,” kata Kepala Dinkes Kota Semarang, M. Abdul Hakam.

Metode tersebut, lanjut dia, adalah sebuah metode yang mengawinkan nyamuk Aedes Aegypti yang dikembang biakkan didalam ember yang dilubang, Setelah nyamuk kawin dengan nyamuk yang sudah memiliki Wolbachia, peranakan nyamuk baru tidak lagi memiliki virus DBD.

“Ini sudah terbukti aman untuk lingkungan dan manusia, intinya adalah nyamuk Aedes Aegypti tidak bisa bermutasi,”tuturnya.

Tinggalkan Balasan