Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineKesehatanNews Update

Dinas Kesehatan Siapkan metode Wolbachia Atasi Kasus DBD di Semarang

×

Dinas Kesehatan Siapkan metode Wolbachia Atasi Kasus DBD di Semarang

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinkes Kota Semarang, M. Abdul Hakam.

Hakam menyebutkan jumlah kasus DBD di Kota Semarang terus turun setiap bulannya, dari data yang ada, penurunan jumlah kasus tersebut mulai terjadi pada Mei hingga Agustus. Kendati demikian, kasus DBD ini diperkirakan bakal kembali meningkat di bulan-bulan berikutnya.

“Untuk kasusnya ini trennya sudah mulai menurun terus. Akan tetapi nanti pada bulan Oktober, November dan Desember bakal naik kembali,” jelasnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Terkait metode Wolbachia, menurut Hakam bisa menekan jumlah kasus DBD. Apalagi setelah diterapkan di Bantul dan Sleman jumlah kasusnya mengalami penurunan sebesar 77 persen, dikarenakan nyamuk tidak bisa membawa virus yang menyebabkan demam berdarah.

“Ada lima daerah termasuk Semarang yang jadi pilot project, yakni Kupang, Bontang, Jakarta Barat, Bandung oleh Kementerian Kesehatan. Harapan kami bisa dilakukan dalam waktu dekat, agar kasus DBD bisa turun,” tambahnya.

Sementara itu, dari data yang ada jumlah sebaran kasus DBD tertinggi ada di wilayah Tembalang, Banyumanik dan Ngaliyan dengan jumlah kasus tidak lebih dari 10 kasus. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan