Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Disnaker Kota Semarang Diminta Tegas Tindak Pengusaha Nakal

×

Disnaker Kota Semarang Diminta Tegas Tindak Pengusaha Nakal

Sebarkan artikel ini
Disnakertrans Kota Semarang Diminta Tegas Tindak Pengusaha Nakal

SEMARANG, 7/7 (BeritaJateng.tv) – Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Semarang, Sutrisno menerima permohonan audiensi ribuan buruh yang demonstrasi di depan kantornya, Jl. Ki Mangunsarkoro Semarang, Kamis (7/7/2022).

Dalam audiensi tersebut, hadir pula Sunandar selaku Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan Minyak Gas Bumi dan Umum (FSPKEP) yang mempertanyakan sikap Disnakertrans Kota Semarang perihal pemecatan ribuan buruh di PT Asrindo Indty Raya Semarang, PT. Karisma Klasik Indonesia, PT. San Yu, PT. Randugarut Plastic Semarang, dan PT. Maratea Semarang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Seusai audiensi, Sutrisno menyatakan dihadapan ribuan buruh bahwa Disnakertrans Kota Semarang akan segera mendatangi perusahaan-perusahaan tersebut untuk meminta kejelasan PHK yang dilakukan.

“Kami dari Disnakertrans Kota Semarang berupaya agar temen-temen buruh dari PT. Randugarut Plasics dan lain-lain tidak di-PHK,” ujarnya di tengah demonstrasi di halaman kantor Disnaker Kota Semarang.

“Kalaupun ada PHK seharusnya bisa dirembug dengan baik. Tindak lanjut dari audiensi hari ini kami akan mendatangi pemilik perusahaan sesuai mekanisme,” tandasnya.

Sutrisno meminta agar pemilik perusahaan menepati perjanjian kerja sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak pengusaha agar mereka menepati perjanjian kerja di awal,” jelasnya.

Ketika ditanya adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan pihak pengusaha, Sutrisno mengatakan bukan wewenangnya memutuskan hal tersebut, namun ada di Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah yang memiliki kewenangan pengawasan.

Tinggalkan Balasan