Dispora Beri Pelatihan Kewirausahaan Para Milenial Semarang

Dispora Beri Pelatihan Kewirausahaan Milenial Semarang

SEMARANG, 18/7 (BeritaJateng.tv) – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang, menggelar Pelatihan Kewirausahaan dengan tema ‘Youtuber Bagi Generasi Muda’ tahun 2022, di Gedung Juang 45, Jl. Tugumuda Semarang, Senin (18/7).

Pelatihan kewirausahaan digelar empat hari, yang dimulai hari ini, Senin 18 Juli, hingga 21 Juli 2022 itu, bertujuan untuk membantu generasi muda Kota Semarang agar bisa meraih kesuksesan lewat Sosial Media (Sosmed).

Pelatihan kewirausahaan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas (Kadinas) Kepemudaan dan Olahraga, Drs. Fravarta Sadman.

Sebelum pembukaan, acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan doa, sambutan-sambutan dan dilanjutkan dengan pemebrian materi oleh para narasumber.

Dalam acara tersebut, turut hadir sebagai narasumber (narsum) yakni, Komisi D Ramulyo Adi Wibowo, Kominfo bidang media sosial Deni Nugroho, Youtuber Nandra Nusantara, Conten Kreator Wahyudi, dan Instagramer Bowo.

Sedangkan untuk para peserta yang hadir mengikuti pelatihan, datang dari berbagai kalangan, mulai dari pengusaha muda, mahasiswa, pekerja, dan karang taruna.

“Sekarang itu, kalau kita tidak mengikuti perkembangan jaman, ya bakal ketinggalan. Karena di era yang serba digital ini, mau usaha apa, cari informasi apa, lewat sosmed saja sudah lengkap, serba mudah dan cepat,” kata Kadispora Kota Semarang Fravarta Sadman, saat memberikan sambutan, Senin (18/7).

Tak hanya itu, Fravarta juga memaparkan, bahwa untuk menjadi konten kreator yang sukses, memang harus dilandasi dengan niat.

Selain itu, menurutnya, bagi para calon pengusaha muda atau calon pelaku konten kreator, jika ingin sukses, harus bisa memanfaatkan sosial media dengan baik.

“Harus mulai dari sekarang, misal kalau kita punya usaha, dan ingin laris manis, bikin aja konten tentang produk yang akan di promosikan, lewat youtube bisa, instagram, facebook juga bisa, atau sosial media lainnya,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang itu menambahkan, jika seseorang yang konsisten menekuni dunia digital, kedepan mereka akan menikmati hasilnya.

“Mau punya usaha apapun, hobi, keahlian, bakat atau pengetahuan di bidang apa pun itu, manfaatkan biar jadi cuan, bikin konten upload di sosial media,” jelasnya.

“Ada yang suka olahraga, bikin konten seputar dunia olahraga, ada yang punya usaha, bikin konten, ada yang punya bakat musik atau apalah yang panjenengan ketahui dan bisa, beri motivasi dan informasikan kepada masyarakat lewat akun sosial media yang di miliki. Yakin kedepan anda akan sukses,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, ketua panitia Achmad Oktanis Sediatmoko, kepada Kabarku.net mengaku akan terus menggelar pelatihan-pelatihan seperti ini.

“Ini agenda rutin dari Dispora Kota Semarang, setiap tahunnya kami selalu adakan kegiatan yang semacam ini. Dispora akan terus memfasilitasi kegiatan positif untuk para Kawulamuda Kota Semarang,” kata Sediatmoko, Senin (18/7).

Sediatmoko yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Pemuda, menambahkan bahwa agenda yang dilaksanakan merupakan wujud kepedulian Dispora terhadap anak-anak muda Kota Semarang.

“Tak hanya di bidang olahraga saja, agenda rutin ini, Kami tujukan juga kepada masyarakat atau anak muda yang ingin sukses dibidang kewirausahaan. Dikesempatan Kali ini, tema yang kita ambil adalah bagaimana kita bisa sukses lewat bersosial medi,” pungkasnya.

“Kami yakin, setelah pulang dari pelatihan ini, para peserta secara otomatis sudah membawa bekal ilmu yang bermanfaat.  Dengan seringnya diadakan acara pelstihan seperti ini, dan anak muda di Kota Semarang, kami yakin semua generasi muda akan sukses,” tutupnya. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.