DLH Blora Terus Berinovasi Luncurkan Bak Sampah Terpilah

DLH Blora Terus Berinovasi Luncurkan Bak Sampah Terpilah

BLORA, 16/6 (BeritaJateng.tv) – Guna mengatasi sampah di pasar rakyat Sido Makmur yang jumlahnya perhari mencapai 24 kubik, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora, Jawa Tengah meluncurkan inovasi baru dengan menggunakan bak sampah terpilah.

Biasanya dipasar hanya ada bak satu sampah saja namun tidak terpisah, sekarang DLH menyiapkan dua bak sampah yang tengahnya terpisah, warna kuning untuk sampah non organik dan hijau untuk sampah organik.

Kepala DLH Blora Istadi Rusmanto, mengatakan dalam rangka hari lingkungan hidup DLH Blora ingin menggugah semua elemen masyarakat terkait dengan pengelolaan sampah.

“Ini menjadi pilot projec DLH. Jadi untuk pengelolaan sampah kita benahi dulu dari hulu, kita lakukan pemilahan ya, lha nanti untuk dikelola di TPA,” kata Istadi, Kamis (16/6/2022).

Jadi di TPA, lanjut Istadi, sudah ada pemilahan, jadi ada zona zonanya yang untuk sampah organik, unorganik.

“Disana di TPA sudah ada pengolahan. Yang organik dijadikan pupuk kompos, yang namanya superponik. Yang plastik juga diolah didaur ulang lagi menjadi bahan yang ekonomis,” jelasnya.

Istadi berharap dengan diluncurkanya bak sampah terpilah ini Blora akan terbebas dari sampah, diharapkan juga bisa mengurangi sampah di TPA.

DLH akan menempatkan lima bak sampah terpilah ditempat tertentu. Dua dipasar rakyat Sido Makmur, satu di RSUD Blora, Satu di Pondok pesantren dan satu lagi di Kelurahan Jetis. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.