Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Ganggu Aliran Sungai Jajaran Kodim 0716/Demak Turun Bersihkan Enceng Gondok

×

Ganggu Aliran Sungai Jajaran Kodim 0716/Demak Turun Bersihkan Enceng Gondok

Sebarkan artikel ini

Jajaran Kodim 0716/Demak Turun Bersihkan Enceng Gondok yang Menumpuk dan Mengganggu Aliran Sungai Layar

Anggota Kodim 0716/Demak bersama masyarakat dan instansi terkait lainnya, gotong royong membersihkan tanaman gulma pengganggu (Enceng gondok) di Sungai Layar di Kelurahan Bintoro Kabupaten Demak, Jumat, (2/3/2023). (Wisnu Budi - beritajateng.tv)

DEMAK, 3/2 (beritajateng.tv) – Dinilai tidak sehat dan mengganggu fungsi utama sungai Layar yang berada di Kelurahan Bintoro, Kabupaten Demak, jajaran Kodim 0716/Demak dibantu warga masyarakat dan instansi terkait terjun langsung ke sungai untuk membersihkan tanaman gulma enceng gondok, Jumat (3/2/2023).

Kepala Staf Kodim 0716/Demak (Kasdim) Mayor Inf Supriyono menyampaikan bahwa kerja bakti pembersihan enceng gondok sungai Layar merupakan inisiastif dari Komandan Kodim Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo. Dimana menurut Dandim, banyaknya tanaman enceng gondok membuat fungsi sungai terganggu dan merusak pemandangan kota Demak.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Ini merupakan inisiatif dari Pak Dandim, dan sebelum dilaksanakan kerja bakti bersama, kita sudah laksanakan peninjauan,” ungkap Kasdim.

Kasdim menambahkan, pembersihan tanaman enceng gondok yang tumbuh subur pada musim penghujan seperti ini, juga untuk mitigasi bencana alam, sehingga mengurangi risiko yang disebabkan oleh banjir.

“Selain itu, kalau enceng gondok ini dibersihkan, ikan-ikan di sungai tidak akan berebut oksigen dengan enceng gondok, sehingga produktifitas ikan akan meningkat,” sambungnya.

Dijelaskannya, beberapa hari sebelumnya, Kodim 0716/Demak sudah mengawali kerja bakti pembersihan enceng gondok dengan hanya melibatkan puluhan anggota Kodim saja.

Tinggalkan Balasan