Gempita Nusantara Siap Unjuk Kebolehan di Kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono 2022

Marching Band Gempita Nusantara, SD Hj. Isriyati Baiturahman 2 Semarang.

Semarang, 10/10 (BeritaJateng.tv) – Marching Band Gempita Nusantara SD Hj. Isriyati Baiturahman 2 bersiap mengikuti Kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono Tahun 2022 yang akan digelar pada Sabtu-Minggu, 22-23 Oktober 2022 di Gor Among Rogo Yogyakarta-Sepanjang jalan Malioboro, Yogyakarta.

Keseriusan Marching Band Gempita Nusantara SD Hj. Isriyati Baiturahman 2 ditunjukkan saat Gladi Bersih Uji Lapangan Streed Parade saat Car Free Day (CFD) di kawasan Simpanglima Semarang, Minggu (9/10).

Ketua Paguyuban Marching Band Gempita Nusantara, Agus Priyanto mengatakan, untuk mempersiapkan Kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono Tahun 2022, Marching Band Gempita Nusantara SD Hj. Isriyati Baiturahman 2 telah berupaya maksimal dengan giat berlatih.

Seperti diketahui, Marching Band merupakan salah satu dari kegiatan seni bermusik yang dimainkan secara berkelompok dengan menggunakan perlengkapan yang khusus. Dengan memadukan antara gerak dan musik, sehingga tercipta permainan Marching Band yang indah, dan bagus untuk dipertontonkan khalayak ramai.

“Marching Band adalah salah satu pengembangan kreativitas siswa-siswi dalam membentuk karakter sosial dan disiplin, yang sepatutnya dikembangkan. Untuk itu, Marching Band Gempita Nusantara SD HJ.Isriati Baiturrahman 2 mencoba mengembangkan kemampuanya dengan mengikuti kompetisi,” katanya.

Sebelumnya, lanjut Agus, Marching Band Gempita Nusantara telah berhasil menyabet Juara I tingkat kecamatan Semarang, Juara II umum tingkat Kota Semarang, Juara I Street Parade dan Juara II Display serta Juara II kategori Concert Band pada Kejuaraan Internasional Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono Tahun 2020.

“Pada kesempatan ini SD HJ. Isriati Baiturrahman 2, melalui Marching Band Gempita Nusantara mencoba untuk mengikuti kembali Kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono Tahun 2022 di Yogyakarta, ” imbuhnya.

Menurutnya, ajang Kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono Tahun 2022 rencananya diikuti oleh 66 peserta dari seluruh wilayah indonesia dibagi dalam beberapa kelas yaitu, Junior, junior brass, senior, senior brass dan umum.

Rencananya, Marching Band Gempita Nusantara SD Hj. Isriyati Baiturahman 2 yang beranggotakan 140 siswa dan siswi mengikuti 2 macam lomba yaitu Parade Street (Kirab) dan Display (Unjuk Gelar).

Untuk mematangkan kesiapan, Marching Band Gempita Nusantara Isba 2 tidak hanya uji streed parade di kawasan Simpanglima Semarang saat Car Free Day saja, namun sekaligus menggelar konser.

“Kegiatan ini bertujuan agar dapat melatih mental seluruh anggota Marching Band Gempita Nusantara Isba 2, sekaligus uji kesiapan untuk mengikuti kejuaraan di Yogyakarta. Mohon doa restu kepada seluruh warga kota Semarang, karena tak hanya lomba saja, kami juga mempromosikan Batik Lokal Semarang yang akan digunakan untuk Lomba streed parade di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta agar lebih dikenal lebih luas,” Imbuhnya. (Ak/El)

Leave a Reply