Gerakan Swadaya Gotong Royong Bangun Masjid Diapresiasi Walikota Semarang

Gerakan Swadaya Gotong Royong Bangun Masjid Diapresiasi Walikota Semarang

Semarang, 21/8 (BeritaJateng.tv) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengapresiasi swadaya dan gotong royong warga masyarakat yang tinggal di wilayah Erlangga di dalam upaya membangun Masjid Baiturrahim. Menurut wali kota yang akrab disapa Hendi, adanya pembangunan masjid Baiturrahim tersebut tentu akan semakin mendorong semangat gotong royong warga, sekaligus meningkatkan aktivitas ibadah masyarakat sekitar Erlangga maupun masyarakat Kota Semarang.

“Nantinya dengan pembangunan masjid ini harapan kami, semua berswadaya, bergotong royong. Nanti kita bangun masjid ini bersama untuk kita jadikan masjid ini menjadi masjid yang bermanfaat dan kita makmurkan masjid ini untuk kepentingan masyarakat Semarang,” ujar Hendi saat menghadiri peletakan batu pertama Masjid Baiturrahim, Minggu (21/8).

Dirinya juga menyampaikan, biaya pembangunan masjid sebesar 7,6 Milyar akan bisa dicapai dengan donasi yang dikumpulkan warga. “Terkait pembangunan Masjid Baiturrahim dengan biaya sebesar 7,6 Milyar itu merupakan anggaran yang luar biasa tapi Saya yakin warga Erlangga akan mampu mengumpulkan itu,” tutur wali kota.

Dalam kesempatan itu, Hendi juga mengajak warga masyarakat untuk mensyukuri Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. “Bentuk rasa syukurnya bisa diwujudkan dengan melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan bidang yang ditekuni masing-masing,” terang Hendi.

Menurutnya saat ini sudah tidak jamannya lagi memperdebatkan persoalan perbedaan ras maupun agama. “Hal yang harus kita ingat sesuai pesan Presiden Joko Widodo bahwa sekarang sudah bukan waktunya lagi memakai kepentingan-kepentingan kelompok untuk persoalan politik. Politik identitas harus dihindari seperti permasalahan ras dan warna kulit menyebabkan keributan, hal ini sudah tidak boleh kita lakukan di Indonesia, khususnya Kota Semarang,” tegasnya.

“Maka pesan beliau harus kita renungkan, ‘kompak bersatu’. Dengan kompak bersatu dan bergerak bersama, mari kita buktikan wilayah kita ini menjadi lebih kompak dan maju,” pungkas Hendi.

Sementara itu, Ketua Panitia pembangunan Masjid Baiturrahim, Anna Mardian menyampaikan jika nantinya masjid ini tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan nilai-nilai ibadah namun juga sebagai pusat aktivitas masyarakat untuk memakmurkan masjid dan memperdaya umat islam lebih layak.

“Selain itu, masjid berfungsi sebagai community center. Masjid ini juga merupakan representatif sebagai benteng dan pusat pembinaan mental spiritual dan akhlak seluruh warga muslim, khususnya di Kelurahan Pleburan,” ujarnya.

Masjid Baiturrahim rencananya akan dibangun di lahan Pemerintah Kota Semarang yang berlokasi di Jalan Erlangga Tengah di mana proses pembangunannya diperkirakan selama kurang lebih 1 tahun. Adapun kapasitas Masjid ini nanti diperkirakan mampu menampung jamaah hingga 900 orang. (Ak/El)

Leave a Reply