Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineNasionalNews Update

Hendi : Pembangunan Tol Tanggul Laut Seksi I Telah Temui Titik Terang

×

Hendi : Pembangunan Tol Tanggul Laut Seksi I Telah Temui Titik Terang

Sebarkan artikel ini
Pertemuan tiga kepala daerah untuk membahas Tol Ssmarang-Demak.

Semarang, 25/1 (BeritaJateng.tv) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi tak menampik bahwa pembangunan tol tanggul laut seksi 1 mengalami keterlambatan karena adanya tantangan pembebasan lahan yang dihadapi.

Pasalnya, adanya tanah terendam pada lokasi rencana pembangunan tol tanggul laut menurut Undang – Undang Agraria terkait tanah musnah, sehingga dianggap tidak memiliki kepemilikan. Padahal, fakta di lapangan, tanah terendam tersebut semula merupakan daratan yang memiliki sertifikat kepemilikan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Timeline tol laut yang menjadi agenda Semarang memang mengalami keterlambatan, karena ada istilah Undang-undang Agraria yaitu tanah musnah, mengalami debatable yang cukup rumit,” ungkap Hendi saat menjadi salah satu narasumber kegiatan bincang siang di Comman Center Kabupaten Demak, Senin (24/1).

“Karena di dalam Undang-undang tersebut, tanah jika kena air laut maka dianggap tidak ada kepemilikannya padahal di situ bekas daratan, pemilik sertifikatnya banyak,” lanjutnya.

Namun permasalahan tersebut menurut Hendi telah menemui titik terang dengan adanya petunjuk dari Presiden RI, Joko Widodo. Dirinya menyebutkan bahwa bahwa melalui petunjuk presiden yang diterbitkan, maka dapat dilakukan pelelangan yang prosesnya bisa diselesaikan pada akhir tahun ini.

Dengan begitu, Hendi berharap pembangunan tol tanggul laut dapat segera rampung, sehingga bisa mendorong lompatan pembangunan di wilayah yang dipimpinnya.

Tinggalkan Balasan