Kasatlantas Demak Akan Lakukan Penilangan Truk Over Dimensi dan Over Tonase

Truk melebihi muatan di Jalur Pantura Demak.

Demak, 6/6 (BeritaJateng.tv) – Kelebihan muatan jadi faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas angkutan barang atau truk yang terjadi di jalan utama Pantura Demak.

Hal ini disampaikan oleh Kasatlantas Polres Demak AKP Gargarin Friyandi, Senin (6/6).

Menurutnya, faktor terbesar kecelakaan di jalur pantura dikarenakan patah as roda kendaraan mengingat beban muatan melebihi kapasitas kendaraan.

Kasatlantas Polres Demak membenarkan perihal tersebut, mengingat masih kurangnya kesadaran pengemudi truk untuk mentaati aturan lalu lintas yang berlaku.

Ia mengatakan bahwa tidak diperbolehkan angkutan barang melebihi batas ketentuan muatan yang sudah diatur didalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Pengemudi kurang memikirkan dampak yang akan terjadi jika memaksakan mutan yang berlebih, mereka tidak ingat jika dampaknya pasti merugikan pengguna jalan yang lainnya,” tutur Kasat lantas Demak.

Untuk menekan jumlah terjadinya angka kecelakaan yang disebabkan karena kendaraan besar over tonase, pihaknya tetap akan melakukan tindakan tegas dengan cara melakukan ETLE atau tilang elektronik.

Menurutnya dengan ETLE salah satu cara yang sementara ini bisa membuat pengemudi merasa jera.

“Sudah koordinasi dengan seluruh anggota jajaran saya agar melakukan tindakan penilangan jika kedapatan menjumpai truk over tonase di sepanjang wilayah Kabupaten Demak,” tegas AKP Gargarin Friyandi.

“Saya minta kepada anggota saya agar setiap hari ada penilangan odol dan over dimensi, mengingat jumlah mereka setiap hari yang melintas sangat banyak,” kata Kasat lantas.

Selam bulan Mei 2022 kemarin, lanjut AKP Gargarin, jajaran Satlantas polres Demak sudah melakukan penilangan Etle terhadap odol sebanyak 321 kasus diantaranya over dimensi dan over tonase.

“Penilangan terhadap odol tetap saya lakukan setiap harinya dan kita tidak mengenal waktu, silakan lewat dan pasti kita lakukan penindakan,” tegas Kasatlantas Demak. (Bw/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.