Kekeringan, Kapolres Blora Bantu Warga Cari Solusi Air Bersih

Kapolres Blora Bantu Warga Cari Solusi Air Bersih

BLORA, 23/8 (BeritaJateng.tv) – Musim kemarau telah tiba, sebagian warga di Blora mulai kesulitan mencari air bersih.

Salah satunya di Dukuh Jamur, Desa Kalangan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, warga mulai resah mencari air bersih.

Apalagi di Dukuh itu sebagian besar warga bertani. Mereka kesulitan air untuk menyiram tanamannya.

Berdasarkan informasi dari warga tersebut, Kapolsek Tunjungan AKP Soeparlan melaporkan kondisi geografis wilayahnya ke Kapolres Blora.

“Saya sudah survei ke lokasi, ada salah satu warga menyampaikan tentang sumber mata air di persawahan yang airnya lumayan melimpah, ” kata AKP Soeparlan, Selasa (23/8/2022).

Kondisi dilapangan, lanjut AKP Soeparlan, dilaporkan ke Kapolres Blora AKBP Fahrurozi saat rapat di Polres Blora.

Mendengar laporan itu Kapolres Blora AKBP Fahrurozi tertarik dan mengajak pejabat utama Polres Blora untuk bersama sama ke lokasi yang jaraknya dari Polsek Tunjungan sekitar 4 kilometer.

Dengan menaiki Traill rombongan menuju lokasi ditengah persawahan. Bersama dengan Kepala Desa dan perangkatnya Kapolres menyusuri pematang sawah meninjau tiga lokasi yang berbeda.

Berdasarkan pantauan warga dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa setempat bahwa sumber air dikawasan tiga lokasi tersebut airnya melimpah bahkan disaat musim kemarau masih bisa memenuhi kebutuhan air dipersawahan warga.

“Hari ini kita tinjau 3 lokasi sumber mata air. Harapannya nanti bisa kita usulkan kepada pihak terkait untuk kita diskusikan dan kita usulkan pembangunan sarana air disini,” kata AKBP Fahrurozi.

Ditambahkan Kapolres bahwa air adalah salah satu komoditas penting dalam kehidupan warga.

Oleh karenanya Polres Blora beserta Polsek Jajaran akan terus berusaha untuk membantu warga mencari solusi terbaik dalam menjaga kamtibmas serta meningkatkan perekonomian warga.

“Polres Blora akan terus membaur dengan masyarakat, duduk bersama dan mencari solusi bersama setiap ada kendala ataupun permasalahan. Salah satunya adalah masalah air di wilayah desa Kalangan kecamatan Tunjungan,” tandas Kapolres Blora.

Soleh, Kepala Desa Kalangan mengaku senang dengan kunjungan dari Kapolres Blora di wilayahnya.

Ia berharap dengan kedatangan Kapolres Blora bisa membantu meringankan warga terutama dalam mendapatkan air bersih.

“Harapannya semoga kebutuhan air di wilayah sini, bisa tercukupi,” ucap Kepala Desa. (Her/El)

Leave a Reply