Kolaborasi Semua Stakeholder Atasi Abrasi dan Rob di Kabupaten Demak

Kolaborasi Semua Stakeholder Atasi Abrasi dan Rob di Kabupaten Demak

Demak, 13/5 (BeritaJateng.tv) – Dalam rangka penanganan kawasan terdampak rob atau yang biasa disebut air pasang yang berada di kabupaten Demak, Kepala Dinputaru Demak, Akhmad Sugiarto menggelar kegiatan bertajuk “Tangani Bencana Abrasi Dan Rob, Pemkab Demak Kolaborasi Antar Perangkat Daerah” dengan menanam 2000 mangrove yang berada di desa Bedono, kecamatan Sayung Demak.

Menurut Sugiarto bahwa kawasan Sayung merupakan wilayah yang perlu diperhatikan mengingat penurunan tanah yang terjadi setiap tahun semakin tinggi.

Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan kolaborasi penanganan Kawasan terdampak rob dari berbagai pihak.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menanam pohon mangrove di desa-desa yang sering terjadi rob air laut.

“Selain untuk membantu meminimalkan abrasi oleh air laut, mangrove juga dapat membantu alam karena menghasilkan kualitas udara yang lebih baik dan bersih”, tuturnya.

Lanjut Sugiharto bahwa proyek perubahan di kecamatan Sayung merupakan hal yamg pertamakali dikerjakan dimana nantinya juga dilaksanakan di kecamatan lain yamg terdampak rob antara lain kecamatan Karangtengah, Bonang dan Wedung.

“Kolaborasi program dari berbagai stakeholder diharapkan akan lebih berdaya guna untuk kawasan terdampak rob,” tegas Sugiarto.

Sementara itu menurut Wakil bupati Demak Ali Mahsun,sangat mengapresiasi dengan adanya kolaborasi antar perangkat daerah yang digagas oleh Kepala Dinas Dinputaru, mesikipun APBD yang digelontorkan relatif kecil namun apabila dikolaborasikan dengan banyak instansi lainnya akan mendapatkan hasil yang maksimal, pungkasnya. (BW/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.