Lapas Semarang Gelar Pekan Olahraga dan Seni Narapidana

Lapas Semarang Gelar Pekan Olahraga dan Seni Narapidana

Semarang, 15/7 (BeritaJateng.tv) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang melaksanakan Pekan Olahraga dan Seni bagi Narapidana (Porsenap), Jumat (15/07).

Porsenap ini digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pelaksana Harian Plh Kepala Lapas Semarang, Dapat Sembiring beserta seluruh pegawai termasuk perwakilan narapidana pada setiap padepokan Blok Hunian.

Porsenap berlangsung di lapangan Serbaguna Lapas Semarang, diawali dengan pembacaan janji atlet dan wasit yang diikrarkan oleh perwakilan narapidana.

Porsenap sendiri dibuka oleh PLH kepala Lapas Semarang, Dapat Sembiring dengan ditandai pemukulan gong secara simbolis dan penerbangan balon udara.

Dapat Sembiring menjelaskan sekitar lima cabang olahraga dan beberapa lomba kesenian yang dipertandingkan dalam kegiatan ini, seperti futsal, voli, catur, tenis meja, karaoke, lomba kebersihan kamar hingga perlombaan tradisional.

Dia berpesan kepada seluruh narapidana, agar mengikuti Porsenap tersebut dengan semangat dan dengan daya juang yang tinggi.

“Kompetisi ini tentunya harus selalu menjunjung tinggi sportivitas di lapangan, serta dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi. Sehingga harmonisasi, keakraban dan persaudaraan tetap terjalin dengan baik, tanpa mengesampingkan semangat berkompetisi,” ungkap Dapat Sembiring.

Dengan semarak menyambut beragam perlombaan, para narapidana memulai dengan pertandingan perdana yaitu futsal antara warga binaan yang meliputi 8 tim futsal antara padepokan blok hunian.

Dalam kesempatan berbeda, Kalapas Semarang Tri Saptono Sambudji menyebutkan bahwa kegiatan olahraga ini merupakan salah satu program pembinaan agar menambah imun tubuh.

Dalam masa pandemi ini, kita diharapkan dapat menjaga pola hidup sehat dan dengan adanya kegiatan perlombaan ini dapat meningkatkan imun tubuh serta menjaga pola hidup sehat.

“Jangan menjadikan kegiatan ini sebagai ajang unjuk kebolehan saja, tetapi hendaknya ini menjadi sarana untuk menjalin hubungan baik antar pegawai juga antar narapidana,” ajak Tri Saptono.

“Harapannya kedepan selalu menjaga keamanan, ketertiban, profesional dan sportif selama melaksanakan kegiatan Porsenap berlangsung,” harapnya.

Sementara itu, Agus salah satu narapidana menyambut baik kegiatan Porsenap tersebut. “Disini kami bisa saling beradu kemampuan dan kekompakan antar penghuni, serta kegiatan ini juga merupakan hiburan yang kami tunggu-tunggu. Selain itu bisa mengenal pegawai dan WBP lainnya lebih dekat,” ungkap terpidana Narkoba 5 tahun tersebut. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.