Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Mahasiswa USM Ajak Siswa SMKN 1 Semarang Produksi Podcast Bareng, dari Tulis Naskah hingga Syuting Bareng

×

Mahasiswa USM Ajak Siswa SMKN 1 Semarang Produksi Podcast Bareng, dari Tulis Naskah hingga Syuting Bareng

Sebarkan artikel ini
SMKN 1 Semarang di USM
Siswa SMKN 1 Semarang saat syuting podcast di Lab Televisi Universitas Semarang (USM), Jumat, 19 April 2024. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Di tengah perkembangan teknologi dan hiburan, popularitas play on demand and broadcast (podcast) kian meningkat. Kini, podcast berbentuk audio maupun podcast audiovisual semakin familiar dan diminati berbagai kalangan.

Oleh karena itu, sejumlah mahasiswa dari Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) yang tergabung dalam Projek Pengabdian Kegiatan Masyarakat (PKM) menggelar pelatihan dan pendampingan produksi podcast kepada 21 siswa SMKN 1 Semarang di Lab Komputer USM, Jumat, 19 April 2024.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sebelumnya, pada sesi pertama yang berlangsung pada 1 April 2024 lalu, para siswa SMKN 1 Semarang juga telah dibekali dengan materi dan pengetahuan dasar podcast. Mulai dari jenis-jenis podcast, manfaat, aplikasi dan alatnya.

“Sesi kedua hari ini kita mengajak mereka untuk terjun langsung, bagaimana sih proses produksi podcast dari syuting hingga editing,” kata Muzib Fahmi Bahroni, Ketua PKM USM kepada beritajateng.tv di sela kegiatan.

BACA JUGA: Dorong Kreativitas, PKM Ilmu Komunikasi USM Kulik Podcast Bareng Siswa SMKN 1 Semarang

Roni sapaan akrabnya menjelaskan, pihaknya sengaja menggandeng siswa SMKN 1 Semarang khususnya kelas X jurusan Seni Broadcasting dan Perfilman.

Para siswa pun diajak terjung langsung dalam memproduksi podcast. Mulai dari menulis script, public speaking, proses syuting, hingga editing.

Tinggalkan Balasan