Megawati Luncurkan Buku Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil: Untuk Generasi Emas Indonesia

Megawati Luncurkan Buku Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil: Untuk Generasi Emas Indonesia

Jakarta, 15/8 (BeritaJateng.tv) – Presiden ke-5 RI Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarno Putri meluncurkan buku bertajuk Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil: Untuk Generasi Emas Indonesia.

Peluncuran tersebut dilakukan bertepatan dengan kick off kolaborasi percepatan penurunan stunting dan peluncuran Buku ‘Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil untuk Generasi Emas Indonesia’ di Jakarta, Senin.

Acara yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dihadiri  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Mensos Tri Rismaharini, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Dr. Laksana Tri Handoko, Kepala Pusdokkes Polri Irjen Pol Asep Hendradiana mewakili Kapolri dan lainnya.

Ketum PDI Perjuangan itu juga melakukan demo masak menu berbahan singkong bersama asistennya saat demo masak adalah Wakil Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Turut mendampingi demo Ketua Umum Dharma Pertiwi, Hetty Andika Perkasa dan istri Kepala BKKBN, dr. Dwikisworo Setyowireni, SpA.

“Saya disuruh bikin opor singkong,” kata Megawati mengawali demo masak itu. Yang terdiri dari ayam, singkong dan tahu.

“Singkongnya pengganti beras,” kata Ita, sapaan akrab Wakil Wali Kota Semarang.

Dia menyinggung menu yang murah meriah tapi bergizi yang bisa disajikan para ibu untuk keluarga.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu juga berulang kali memperkenalkan buku setebal 250 halaman bertajuk Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil: Untuk Generasi Emas Indonesia.

Di pojok kanan atas buku bertuliskan resep-resep Megawati Soekarnoputri. Cover buku tampak pula sosok Presiden kelima RI tersebut dengan posisi duduk mengenakan kebaya merah berjarik cokelat.

Menurut Ita, buku itu disusun selama enam bulan. Tak ada kendala berarti selama proses penyusunan buku karena mendapat arahan langsung Megawati dan Puan Maharani.

“Menu-menu di dalam buku sudah ditakar oleh ahli gizi sehingga sesuai nilai gizi yang diperlukan oleh anak-anak,” ucapnya.

Dijelaskan Ita, buku tersebut hanya panduan yang dapat divariasikan sesuai selera juru masak atau selera anak. Buku itu terhitung komplit sebab tersedia beragam menu yang sudah dibuat dalam satu minggu.

Menu tersebut juga sudah dibagi menjadi tiga waktu, pagi, siang, dan sore hari. Komposisi menu cukup gizi dan menu tidak mahal.

Hal itu disesuaikan dengan pesan Megawati Soekarnoputri yang menekankan menu harus sesuai komposisi gizi dan harga terjangkau rakyat kecil.

“Buku sudah komplit bagi bayi dan termasuk pula bagi ibu-ibu hamil,” imbuhnya.

Buku tersebut disusun untuk bayi mulai dari M-PASI, usia 6 sampai 24 bulan dan menu ibu hamil. Khusus ibu hamil dijelaskan pula menu bagi ibu hamil komorbid seperti karena anemia, Kekurangan Energi kronis (KEK), Covid-19, hipertensi, dan lainnya.

Pasca buku bertajuk Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil: Untuk Generasi Emas Indonesia diluncurkan oleh Presiden ke-5 RI Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarno Putri, buku tersebut akan didistribusikan di Toko Buku Gramedia, sehingga masyarakat umum bisa menggunakan dan menjadikan referensi menu bagi si kecil maupun ibu hamil. (Ak/El)

Leave a Reply