Scroll Untuk Baca Artikel
Ekbis

Melonjak Hingga Rp 40 Ribu per Kg, Pedagang Daging Ayam di Kota Semarang Sebut Ini Terparah

×

Melonjak Hingga Rp 40 Ribu per Kg, Pedagang Daging Ayam di Kota Semarang Sebut Ini Terparah

Sebarkan artikel ini
pedagang daging ayam
Pedagang daging ayam Sarno saat dijumpai Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Anggia Erma Rini di Pasar Karang Ayu, Kota Semarang, Selasa 18 Juli 2023. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Mayoritas pedagang daging ayam di Pasar Karang Ayu, Kota Semarang keluhkan harga yang tak kunjung turun.

Salah satu pedagang daging ayam Pasar Karang Ayu, Sarno, menyebut harga ayam kini sentuh kisaran Rp 40 ribu per kg. Angka ini naik sejak 2 (dua) bulan kemarin.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Setelah Lebaran ini naik, harga ayamnya naik. Untuk dua bulan kemarin sampai sekarang itu harganya naik turun naik turun. Turunnya 500, kemudian naik lagi 1000. Kita masih terombang-ambing harga,” ucap Sarno kepada beritajateng.tv, Selasa 18 Juli 2023.

Meskipun tergolong makanan sehari-hari, peningkatan harga ayam ini membuat konsumen Sarno semakin berkurang. Tak ayal, dirinya mengalami kerugian akibat lonjakan harga tersebut.

“Ya jelas (konsumen) berkurang. Drastis toh. Biasanya 100 persen, tinggal 40 persen. Itu pun jualnya harus sehari. Jadi memang sulit toh. Karena kita jualnya cuma ayam tok ga ada yang lainnya. Jadi memang sulit,” beber Sarno.

“Nanti suppliernya juga susah dia. Kadang konsumennya seperti saya itu setorannya kurang, karena hasilnya untuk kebutuhan sehari-hari jadi tidak cukup,” sambungnya.

BACA JUGA: Sambangi Pasar Karang Ayu, Anggota DPR RI Terima Banyak Keluhan Pedagang Terkait Harga Tinggi

Pedagang daging ayam sebut lonjakan harga kali ini paling berat

Telah berjualan selama 43 tahun sebagai pedagang daging ayam, ia menuturkan lonjakan harga ini termasuk yang paling berat.

“Ini paling berat. Saya jualan itu dari tahun 80, yang paling berat itu yang ini. Semua pedagang ayam merasa, merata lah. Per kg harga ayam sampai 40 ribu,” tuturnya.

Sebelumnya, Sarno hanya berjualan pada lapak miliknya yang terletak di bangunan atas. Namun, jumlah pembeli yang kian menurun membuatnya harus turun ke bawah dan membayar retribusi tambahan.

Tinggalkan Balasan