Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Musim Giling Selain Hasilkan GKP Berkualitas, PG Blora Berikan CSR ke Warga Terdampak

×

Musim Giling Selain Hasilkan GKP Berkualitas, PG Blora Berikan CSR ke Warga Terdampak

Sebarkan artikel ini
Musim Giling Selain Hasilkan GKP Berkualitas, PG Blora Berikan CSR ke Warga Terdampak

BLORA, 13/6 (BeritaJateng.tv) – Musim giling 2022 sudah dimulai sejak 10 Mei 2022 lalu, PT Gendhis Multi Manis (GMM) yang beralamat di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Temgah ini, optimis dapat memproduksi GKP (Gula Kristal Putih) dengan kuantitas yang lebih baik.

“Kami selalu berupaya untuk operasional giling dengan lancar karena kami sudah lakukan perbaikan-perbaikan dalam berbagai mesin produksi dan pendukung pada saat off season kemarin. Harapan kami giling tahun ini bisa lancar dan bisa memproduksi GKP (Gula Kristal Putih) dengan jumlah yang lebih banyak melalui serapan tebu petani agar membantu tugas BULOG dalam stabilisasi harga gula nasional,” terang Krisna Murtiyanto selaku Direktur Operasional PT GMM.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ditambahkan Murtiyanto, PT GMM memiliki kapasitas giling 4.000 TCD (Ton Cane Per Day) ini telah menggiling 96.928 Ton tebu Blora dan sekitarnya (Rembang, Pati, Sragen, Bojonegoro).

Selain itu Multiplier effect  yang timbul saat giling sangat besar di Kabupaten Blora. Setidaknya ada 650 Karyawan yang bekerja di PT. GMM yang 95 persen adalah warga lokal Blora.

Dalam satu hari ada 480 sopir truk yang membawa tebu dari petani, ratusan penebang dan petani juga terlibat dalam setiap musim panen tebu. Tidak sedikit petani Blora sukses dengan bercocok tanam tebu.

Tentu hal ini dapat dirasakan langsung dampak ekonominya dengan adanya peredaran uang dalam setiap musim giling PG Blora ini.

Sebagai perusahaan industri, ada dampak yang timbul dalam operasional seperti suara mesin dan ampas (bagasse) yang terbawa angin.

PT GMM berupaya terus mengurangi dampak yang timbul. Untuk mengurangi ampas yang terbawa angin PT GMM melakukan penjualan ampas (bagasse) secara kontinyu agar tidak terlalu tinggi penumpukannya sehingga tidak terbawa angin, penanaman bambu di beberapa titik lokasi, dan pemasangan jaring paranet.

Untuk limbah cair PT GMM adalah perusahaan yang memiliki system Close Loop Water Circulation dengan pengolahan limbah cair melalui UPLC dan dapat digunakan kembali tanpa meninggalkan limbah cair sehingga sangat ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan