Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Nyaris 1.000 Guru Pensiun Setiap Tahun, UPGRIS Siapkan Calon Guru Profesional Lewat PPG

×

Nyaris 1.000 Guru Pensiun Setiap Tahun, UPGRIS Siapkan Calon Guru Profesional Lewat PPG

Sebarkan artikel ini
PPG UPGRIS
Rektor UPGRIS, Sri Suciati, saat memberikan arahan kepada mahasiswa peserta PPG di kampus IV UPGRIS, Senin, 11 September 2023. (Foto: HUMAS UPGRIS)

SEMARANG, beritajateng.tv – Kebutuhan akan guru terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut tersampaikan oleh Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Dr. Sri Suciati, M.Hum. saat memberikan arahan kepada mahasiswa PPG di kampus IV UPGRIS, Senin, 11 September 2023.

Lebih jelas, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kelola memiliki peran penting dalam menjawab kebutuhan akan guru berkualitas di Indonesia.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Namun, meskipun hal itu terakui sebagai langkah positif, jumlah guru pensiun yang harus pegawai pemerintah perjanjian kerja (PPPK) gantikan masih belum sebanding secara kuantitas.

BACA JUGA: Mahasiswa PPG Prajabatan UPGRIS Gandeng Komunitas Asa Edu Tambaklorok Gelar Pelatihan Website

Untuk Jawa Tengah misalnya, jelas Suci, hampir 1.000 guru pensiun setiap bulannya. Oleh karena itu, jumlah guru yang dibutuhkan untuk menggantikan mereka juga seharusnya sebanding.

“Itu artinya jumlah yang dibutuhkan juga sama untuk bisa menggantikan mereka,” tegas Rektor UPGRIS.

Suci menekankan bahwa kualitas pendidikan sangat bergantung pada kualitas guru. Menurutnya, implementasi kurikulum dan pemenuhan sarana prasarana di satuan pendidikan saja tidak cukup.

Tinggalkan Balasan