Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Pameran Foto & Arsip Moch Ichsan Walikota Semarang Pertama Bertajuk ‘Ode untuk Ayah’

×

Pameran Foto & Arsip Moch Ichsan Walikota Semarang Pertama Bertajuk ‘Ode untuk Ayah’

Sebarkan artikel ini
Plt Walikota Semarang Hevearita G. Rahayu dan Firman Putra Kedua Moch Ichsan Melihat Pameran Foto dan Arsip 'Ode untuk Ayah'. /Foto: Ellya.

Semarang, 11/12 (BeritaJateng.tv) – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang, bekerja sama dengan keluarga Ikhsan (Adi dan Firman), serta Yayasan Riset Visual mata Waktu menggelar Pameran “Ode untuk Ayah, Ode to a Father”, di Oudetrap, Kota Lama Semarang, pada 10-18 Desember 2022.

Pameran dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, ini diselenggarakan dalam rangka memperingati 120 tahun Mochamad Ichsan Walikota Semarang Pertama.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Selain pameran, juga dilakukan penyerahan secara simbolik arsip-arsip Moch Ichsan kepada Pemkot Semarang.

Seperti diketahui, Mochamad Ichsan merupakan Walikota Pertama Semarang. Jabatan Ini diamanahkan kepadanya sejak 8 Januari 1946 hingga 1949. Pria kelahiran Weleri tahun 1902 kd memiliki perjalanan hidup yang panjang. Ia hadir dalam kurun waktu dengan pelbagai perubahan zaman. Zaman feudal, kolonial, lalu kemudian kesadaran berbangsa, pendudukan Jepang lantas Merdeka.

Walau demikian, tak banyak kisah Moch. Ichsan kita jumpai. Jangankan auto biografinya, biografinya saja sulit didapatkan. Ia merupakan figur yang sangat ketat menjaga rahasia.

Ichsan selalu menolak dengan halus saat ada permintaan untuk menerbitkan memoar atau buku perihal dirinya. Kisah-kisah Moch Ichsan hanya diceritakan secara lisan kepada kedua putranya, Adi dan Firman, itupun setelah mereka beranjak dewasa.

Salah satunya, kisah pengangkatannya sebagai Kepala Sementara Republik Indonesia di Semarang. Penunjukan itu sekaligus menyatakan eksistensi kedaulatan RI yang baru ke hadapan masyarakat Internasional.

Dalam kronik Revolusi Indonesia jilid 2 yang disusun Pramoedya Ananta Toer pada tanggal 6 Januari 1946, tercatat bahwa amanah pengangkatan ini dibawa langsung ke Semarang oleh delegasi pemerintah RI yaitu Menteri Pemuda Dalam Negeri Mr. Harmani, Menteri Kesehatan dr. Darmasetiawan, Mr. Latif dan seorang wartawan bernama Rosihan Anwar.

“Di Jakarta terjadi perundingan antara sekutu dengan Sjahrir cs. Inggris mempertanyakan kelai RI benar benar ada, siapa penganggung jawab RI di kota Semarang? Jakarta Bingung, namun segera menunjuk penanggung jawab dengan Moch Ichsan sebagai penanggung jawab yang artinya memang ia benar berada di Kota Semarang, ” ujar Kurator Pameran Ode untuk Ayah, Oscar Motuloh yang mengisahkan kembali cerita Firman Ichsan.

Tinggalkan Balasan