Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

PDIP Alami Penurunan Kursi DPRD Jateng Meski Suaranya Tertinggi, Bappilu: Jumlahnya Tidak 42 Lagi

×

PDIP Alami Penurunan Kursi DPRD Jateng Meski Suaranya Tertinggi, Bappilu: Jumlahnya Tidak 42 Lagi

Sebarkan artikel ini
Kursi Jateng Raperda Penanganan Konflik Sosial
Penyampaian Raperda tentang Penanganan Konflik Sosial dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jawa Tengah pada Kamis, 31 Agustus 2023. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Berbeda dengan Pemilu sebelumnya, PDI Perjuangan mengalami penurunan kursi di tingkat DPRD Provinsi Jateng periode 2024-2029.

Saat beritajateng.tv konfirmasi, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Hariyanto Baharudin, membenarkan hal tersebut.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Bambang yang juga merupakan petahana tersebut menyebut perolehan kursi berkurang, namun ia tak bisa menyebutkan secara pasti berapa kursi yang partai banteng tersebut peroleh di DPRD Jateng.

BACA JUGA: PDIP Menangkan Pileg DPRD Provinsi Dapil Jateng 5, Petahana Dominasi Kursi, PKB Hadirkan Wajah Baru

“Nanti untuk lebih pastinya setelah penetapan KPU secara resmi, ini menunggu KPU pusat. Pastinya kursi memang menurun,” ujar Bambang melalui sambungan WhatsApp, Selasa, 12 Maret 2024 malam.

Meskipun tak menyebutkan secara keseluruhan, Bambang menuturkan adanya penurunan kursi dari Dapil 11 yang merupakan wilayahnya berebut suara. Adapun Dapil 11 mencakup Banyumas dan Cilacap.

“Kalau berkurangnya berapa, kita belum bisa mementukan yang seperti itu, saya Cuma pegang di Dapil saya. Saya Dapil 11, kalau dari perhitungan sementara ini kita kurang 1 dari kemarin [2019]. Menurun dari yang dulu,” jelas Bambang.

PDIP tak lagi dapat 42 kursi di DPRD Jateng

Mulanya, kursi untuk PDI Perjuangan di DPRD Provinsi Jateng sebanyak 42 kursi. Adanya penurunan kursi di beberapa Dapil membuat Bambang yakin pada periode ini PDI Perjuangan tak mendapat kursi sejumlah 42 lagi.

“Kalau lihat itu kayanya tidak [dapat kursi 42 lagi], tapi berapa pastinya itu, setelah penetapan KPU dapat berapa perolehan kursinya,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan