Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Pemerintah Perlu Dorong Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM

×

Pemerintah Perlu Dorong Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM

Sebarkan artikel ini
Para narasumber Sosialisasi Non Perda "Optimalisasi UMKM di Era Digital". Acara digelar di Balai Dukuh Nanggulan, Kelurahan Kutawinangun, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. (ardhi/beritajateng.tv)

SALATIGA, 4/12 (beritajateng.tv) – Era digital memberi kemudahan bagi pemberdayaan ekonomi. Hanya saja masyarakat perlu dilatih memanfaatkan kecanggihan teknologi tak hanya untuk sarana eksistensi diri. Sebab, media sosial bisa digunakan sebagai sarana pemasaran produk secara online.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto yang hadir secara virtual dalam Sosialisasi Non Perda “Optimalisasi UMKM di Era Digital”. Acara digelar di Balai Dukuh Nanggulan, Kelurahan Kutawinangun, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Rabu (30/11/2022).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten
Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto hadir virtual dalam Sosialisasi Non Perda “Optimalisasi UMKM di Era Digital”. (ardhi/beritajateng.tv)

Dia menambahkan, saat ini hampir semua orang memiliki ponsel. Sarana tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat untuk belajar dan menjalankan usaha. Hanya dengan sekali klik, pengguna ponsel bisa mengakses segala macam informasi. Politisi PDI Perjuangan ini juga meminta pemerintah memberikan lebih banyak akses internet ke masyarakat termasuk menambah jumlah desa digital.

“Pemerintah juga perlu mendorong literasi dunia digital agar pelaku UMKM dan ekonomi kreatif melek digital. Para pelaku perlu dilatih memasarkan dan bertransaksi dengan dunia digital,” ujarnya.

Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jateng Bagus Suryokusumo mengatakan sebagian besar masyarakat sebenarnya sudah melek digital. Hal tersebut dapat dilihat dari sebagian besar warga yang telah memiliki ponsel. Hanya saja, pemanfaatan media sosial masih sebatas untuk berinteraksi dan aktualisasi diri. Padahal saat ini hampir seluruh medsos memiliki fitur untuk jual beli. Fitur ini bisa dijadikan etalase untuk memasarkan produk-produk UMKM.

Tinggalkan Balasan