Scroll Untuk Baca Artikel
EkbisHeadlineNews Update

Pemkab Cilacap Terima Bantuan Penanganan Stunting dari Bank Jateng

×

Pemkab Cilacap Terima Bantuan Penanganan Stunting dari Bank Jateng

Sebarkan artikel ini
Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar memberi sambutan dalam acara pelatihan memasak dan pemberian makanan tambahan bagi penderita stunting. (Bank Jateng)

CILACAP, 16/1 (beritajateng.tv) – Stunting merupakan persoalan bersama yang membutuhkan penanganan lintas sektor. Edukasi menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan, termasuk pemberian makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan asupan nutrisi bagi bayi berpotensi stunting.

Seperti yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap, di Pendopo Kecamatan Maos, belum lama ini.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Guna memberikan edukasi, Dispermades menyelenggarakan Pelatihan Memasak Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita berpotensi stunted. Kegiatan digelar secara simultan pada empat eks distrik dan diikuti total 1.250 orang kader PKK dari 269 desa di seluruh Kabupaten Cilacap. Penyelenggara menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan dan Tim Ahli Gizi Kabupaten Cilacap.

“Dengan menu nominal Rp 17.500 yang memenuhi standar gizi dan protein, agar anak-anak yang berpotensi stunting ini angkanya dapat menurun,” kata Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Bintang Dwi Cahyono.

Pada tahap pertama, program ini dilaksanakan selama tiga bulan hingga pertengahan April 2023. Pada saat yang sama juga dilakukan kegiatan penimbangan serentak untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita. Dari penimbangan ini akan diketahui balita berpotensi stunting, yang selanjutnya akan mendapat asupan PMT.

Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar menekankan, penanganan stunting sangat diperlukan untuk mempersiapkan generasi emas di Indonesia. Apabila tumbuh kembang anak dapat dioptimalkan sejak dini, maka kedepan Indonesia akan memiliki sumber daya manusia unggul yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan