Dubes Inggris Akan Kunjungi Kota Lama Tindak Lanjuti Kerjasama Transportasi

Dubes Inggris Owen Jenkis. /Foto: Istimewa.

Semarang, 16/1 (BeritaJateng.tv) – Duta Besar (Dubes) Kerajaan Inggris berencana mengunjungi kawasan wisata Kota Lama Semarang Jawa Tengah, untuk melakukan show case dan melanjutkan kerjasama dibidang transportasi dengan Indonesia.

Dubes Inggris Owen Jenkis dijadwalkan akan meninjau dan kunjungi Kota Lama Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (17/1) pukul 10.00 Wib beserta rombongan Kedubes Inggris dan akan ditemani oleh Sekda Kota Semarang.

Faye Belnis, juru bicara Kedubes Inggris menyampaikan bahwa Owen Jenkis Dubes Inggris bakal melakukan kunjungan kerja pertamakalinya ke wilayah Jawa Tengah, dan kunjungan kerja tersebut akan diawali untuk melakukan kunjungan ke Kota Lama Semarang untuk show case kelanjutan kerjasama antara pemerintah Inggris bersama Indonesia.

“Besok adalah kunjungan pertama dari Kedubes Inggris Owen Jenkis ke Semarang dan Jawa Tengah. Beliau sudah jadi dubes sejak 2019 tapi karena pandemi kami tidak bisa melakukan kunjungan ke luar jakarta dan baru kali ini melakukan kunjungan ke Jawa tengah,” ujar Faye Belnis, juru bicara Kedubes Inggris di Semarang, Senin (16/1).

Menurutnya, kunjungan Owen Jenkis tersebut akan dilakukan selama dua hari di Kota Semarang dan dilanjutkan ke Kota Solo Jawa Tengah.

“Kenapa Jawa Tengah? Karena memiliki potensi banyak sekali yang bisa dikolaborasikan dengan Pemerintah Inggris,” ucapnya saat bertemu dengan media di Pesta Keboen Semarang.

Menurut Faye dipilihnya Jawa Tengah untuk kunjungan Dubes Inggris Owen Jenkis, dikarenakan Jateng memiliki potensi banyak sektor yang menjadi prioritas kerjasama antara pemerintah Inggris dan Indonesia.

Dalam agenda kunjungannya, Kedubes Inggris akan melakukan pertemuan dengan Pemkot Semarang dan Pemprov Jateng dalam menindak lanjuti kerjasama yang akan dibahas antara lain sektor transportasi, pendidikan, smart city, pembangunan perkotaan, dan renewal energi.

“Keduataan Inggris memiliki tim Second City, besok akan bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa tengah untuk mendiskusikan peluang apa saja yang bisa dikerjasamakan secara bilateral dengan Inggris. Hal-hal strategis yang akan dibahas antara lain sektor transportasi, pendidikan, smart city, pembangunan perkotaan, dan renewal energi,” tuturnya.

“Untuk renewal energi ini adalah project strategis dari Pemerintah Inggris, sehingga kami juga ingin bekerja dalam kemitraan dengan Indonesia, khususnya Jawa Tengah untuk bisa mendukung transisi Pemda di seluruh Indonesia menuju pembangunan renah karbon dan energi yang terbarukan,” tambahnya.

Dalam kerjasama pemerintah Inggris dan Indonesia, Kedubes akan sign visit ke Kota Lama untuk show case yang akan dikerjakan oleh ARUB.

ARUB merupakan konsorsium dari Inggris yang bergerak dibidang transportasi yang akan melanjutkan kerjasama program pemerintah Inggris dan Indonesia. (Ak/El)

 

Tinggalkan Balasan