Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineNews UpdatePendidikan

Pemkot Semarang Alokasikan Bantuan Pendidikan Rp 27,8 Miliar

×

Pemkot Semarang Alokasikan Bantuan Pendidikan Rp 27,8 Miliar

Sebarkan artikel ini
Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

SEMARANG, 29/5 (BeritaJateng.tv) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengalokasikan anggaran sebesar Rp 27,8 miliar untuk bantuan pendidikan.

Bantuan pendidikan tersebut meliputi program sekolah swasta gratis, hibah dewan pendidikan, hibah fisik, beasiswa warga miskin, dan beasiswa berprestasi warga miskin.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hendi, sapaannya, memaparkan, Pemerintah Kota Semarang menganggarkan cukup besar setiap tahun untuk sektor pendidikan. Hal itu sesuai dengan amanah undang-undang.

Sebesar Rp 27,8 miliar yang dialokasikan APBD dalam program Dinas Pendidikan (Disdik) merupakan upaya membuat generasi muda Kota Semarang baik tingkat TK, SD, dan SMP mendapat fasilitas pendidikan yang lebih baik.

Pihaknya memberikan kesempatan sekolah gratis melalui program sekolah swasta gratis dan memacu siswa menjadi anak muda yang kompetitif melalui beasiswa berprestasi.

“Itu sasaran yang dilakukan Disidik. Kami ambil kebijakan itu. Kami sepakat ke depan harus lebih banyak lagi sekolah swasta yang bisa ikut terlibat dan dibiayai APBD Kota Semarang supaya tidak ada lagi laporan maayarakat anaknya tidak bisa ambil ijazah karena belum bayar SPP dan lain-lain,” terang Hendi.

Dengan demikian, lanjut dia, tidak ada lagi ketimpangan yang terjadi dalam memperoleh pendidikan. Hendi juga memberikan koreksi kepada Disdik terkait beasiswa berprestasi warga miskin.

Menurutnya, beasiswa berprestasi tidak memandang kondisi ekonomi keluarga. Siswa yang berprestasi dari kalangan apapun memiliki kesempatan untuk mendapat peluang beasiswa berprestasi.

Sebaliknya, pemerintah wajib memenuhi kebutuhan biaya sekolah untuk keluarga miskin tanpa ada embel-embel beasiswa berprestasi.

Tinggalkan Balasan