Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Peringati Hari Menangnya Kebaikan Atas Kejahatan, Ratusan Umat Hindu Rayakan Galungan di Semarang

×

Peringati Hari Menangnya Kebaikan Atas Kejahatan, Ratusan Umat Hindu Rayakan Galungan di Semarang

Sebarkan artikel ini
Hari Raya Galungan
Tari Pendet yang dibawakan oleh kelompok anak Hindu perempuan Kota Semarang sesaat sebelum persembahyangan Galungan dimulai, Rabu, 2 Agustus 2023. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Ratusan umat Hindu di Kota Semarang dan sekitarnya merayakan Hari Raya Galungan di Pura Agung Giri Natha pada Rabu malam, 2 Agustus 2023.

Pantauan beritajateng.tv, umat Hindu yang datang lengkap berbusana adat dengan nuansa putih dan kuning memadati Pura pukul 19.00 WIB. Sesajen atau Banten sebutannya tampak berjejer rapi di altar utama Pura.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

BACA JUGA: Peninggalan Sejarah Terpopuler di Indonesia dengan 17 Candi Hindu, Cek Lokasinya di Sini

Sebelum mulainya persembahyangan, berlangsung tari asal Bali, yakni Tari Pendet dan Tari Baris Gede, oleh kelompok anak-anak Hindu di Kota Semarang. Adapun kedua tarian itu merupakan persembahan sakral yang tergelar

saat hari-hari besar agama Hindu.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Semarang, Nengah Wirta Darmayana mengungkapkan, umat yang hadir tak hanya berasal dari Kota Semarang. Bahkan, umat Hindu dari daerah sekitar seperti Kendal, Demak, dan Ungaran juga turut persembahyangan yang jatuh tiap enam bulan sekali itu.

Hari Raya Galungan, hari kemenangan kebaikan atas kejahatan

Menurut Nengah, Hari Raya Galungan ini merupakan hari kemenangan Dharma (kebajikan) melawan Adharma (kejahatan).

“Dharma adalah menyatunya pikiran kita dengan rohani. Dalam konteks ini tentunya adalah pikiran yang baik. Untuk mereduksi pikiran atau perilaku yang negatif,” ucap Nengah, Rabu, 2 Agustus 2023.

Tinggalkan Balasan