Petani Tembakau dan Pabrik Rokok Siapkan Munas Bertajuk Revitalisasi Penggunaan DBHCT

Petani Tembakau dan Pabrik Rokok Siapkan Munas Bertajuk Revitalisasi Penggunaan DBHCT

Semarang, 20/8 (BeritaJateng.tv) – Perkumpulan Pabrik Rokok dan Petani Tembakau Indonesia (P2RPTI) mengadakan rapat persiapan Musyawarah Nasional (Munas) pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 di Semarang.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perkumpulan Pabrik dan Petani Tembakau Indonesia (DPN P2RPTI) Akhwan Gunadi telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Panitia Musyawarah Nasional (Munas) nomor 027/P2RPTI/VII/2022 tertanggal 1 Agustus 2022.

Dalam SK tersebut DPN P2RPTI telah memberikan mandat kepada 32 orang panitia untuk mengadakan Munas.

Dalam SK susunan panitia Munas menyebutkan Joko Supeno sebagai Ketua dan Mulyani M Noor sebagai sekretaris.

Atas dasar SK tersebut Panitia mengadakan rapat persiapan Munas pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 di Semarang.

Joko Supeno mmengungkapkan bahwa rapat panitia dihadiri oleh 21 orang dan menghasilkan sejumlah keputusan strategis bagi pengembangan organisasi ke depan.

Isu yang akan diusung dalam Munas kali ini adalah pengawasan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT).

“Tema Munas kali ini adalah Revitalisasi Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) untuk Keadilan Sosial. Salah satu tujuan dari pendirian P2RPTI adalah untuk menjadi kontrol pemerintah dalam penggunaan Daya Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT) yang selama ini belum maksimal digunakan untuk kepentingan masyarakat,” tutur Joko Supeno.

Padahal, lanjut Joko, nominal angka DBHCT secara nasional tahun 2022 sebanyak 3,8 trilyun.

“Selama ini pemanfaatan dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT) belum maksimal bagi kesejahteraan masyarakat. Hal ini karena masyarakat belum banyak yang paham tentang penggunaan dana ini untuk kesejahteraan masyarakat. P2RPTI akan mengawal program pemerintah dalam penggunaan dana DBHCT agar bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap Joko Supeno.

Sekretaris Munas, Mulyani M Noor, menuturkan, Munas agar dihadiri Dewan Pengurus Nasional (DPN) dan Dewan Pengurus Provinsi (DPP) se Indonesia serta sejumlah pengurus kabupaten dan kota.

“Sekurang-kurangnya 250 orang akan hadir dalam Munas P2RPTI yang rencananya akan digelar pada hari Jum’at – Ahad, 14+16 Oktober 2022 di Semarang, ” jelas Mulyani. (Ak/El)

 

Leave a Reply