Sekretariat DPRD Jateng Raih KIP Award

Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin menunjukkan piagam dan trofi KIP Awards. (istimewa)

SEMARANG, 15/12 (beritajateng.tv) – Sekretariat DPRD (Setwan) Jateng meraih prestasi dalam keterbukaan informasi publik. Penghargaan “Kategori Informatif untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tingkat Provinsi” diterima Setwan Jateng dalam acara Komisi Informasi Publik (KIP) Award, Selasa (14/12/2021) malam.

Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin bersama kepala dinas penerima anugerah lainnya menerima langsung piagam serta trofi.

Sebelumnya pada awal Desember ini, Setwan Jateng turut menerima penganugerahan dari Kementerian Hukum dan HAM untuk kategori pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional terbaik (JDIHN). Pencapaian anugerah ini merupakan kerja keras dalam mengimplementasikan program Parlemen Digital yang digagas Sekwan Urip Sihabudin.

Urip Sihabudin mengapresiasi kerja keras jajarannya terutama Bagian Humas. Penantian panjang satu dekade ini pun terpecahkan pada tahun 2021 dengan langsung naik ke peringkat Badan Publik yang Informatif.

“Setelah sepuluh tahun kami berupaya, tahun ini kami tidak hanya masuk nominasi tapi langsung dinyatakan sebagai Badan Publik yang informatif,” ucapnya.

Ketua Komisi Informasi (KI) Jateng Sosiawan mengatakan dalam penganugerahan tahun ini pihaknya mengubah paradigma. Yaitu yang sebelumnya dilakukan pemeringkatan diganti dengan monitoring dan evaluasi guna menakar badan publik yang sudah memenuhi standar dalam keterbukaan informasi.

“Badan publik yang sudah informatif maupun menuju informatif  sudah memenuhi standar-standar pemenuhan sebuah keterbukaan. Kami ingin mengembalikan ruh UU Keterbukaan Informasi Publik, bahwa badan publik harus berkewajiban memberikan sebuah keterbukaan informasi kepada publik,” katanya.

Sosiawan pun turut memberikan apresiasi karena upaya monitoring dan evaluasi disikapi secara serius oleh penyelenggaran badan publik mulai dari Bupati/Wali Kota sampai kepala dinas. Terbukti pada kegiatan penilaian kinerja badan publik saat di Surakarta pada akhir November lalu turut dihadiri langsung kepala daerah dan kepala dinas.

“Ini bukti komitmen badan publik dalam hal keterbukaan informasi publik. Sudah saatnya publik diberikan informasi yang berkualitas guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabilitas serta yang bersih,” katanya.

Sementara Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin mengakui informasi yang diberikan kepada khalayak harus bisa memberikan pencerahan. Dalam penanganan pandemi Covid-19, salah satu hal yang bisa dilakukan pemerintah adalah memberikan informasi yang benar.

Dalam kesempatan itu ia turut menyerahkan anugerah KI kategori informatif terbaik kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jateng, RSUD Margono Sukarjo, dan RSUD KRMT Wongsonegoro. Turut mendampinginya Ketua KI Pusat Romadus Ndau.

Puncak malam penganugerahan itu diserahkan penghargaan Adikarya Tinarbuka kepada Pemkab Batang, Pemkot Semarang dan RSUD KRMT Wongsonegoro serta RSJD Aminogondohutomo. (RI)

Tinggalkan Balasan