Sinergi Kadin-Binus Dukung UMKM Semarang Naik Kelas

Ketua Kadin Kota Semarang saat memberi sambutan. /Foto: Ellya.

SEMARANG, 10/11 (BeritaJateng.tv) – Pengusaha harus memiliki 2 perilaku positif yang akan menjadikan mereka sebagai pengusaha besar.

Kedua perilaku tersebut adalah entrepreneur dan perilaku administratif.

“Ini sekarang ini kita baru awal dalam rangka membentuk perilaku entrepreneur yang baik. Ini baru awal, baru dasar,” terang Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara.

Hal itu disampaikannya saat membuka Program Pendampingan UMKM Kota Semarang hasil kerja bareng Kadin dan Binus University Semarang, Kamis (10/11).

Banyak pengusaha yang memiliki perilaku entrepreneur yang baik namun perilaku administrasinya kurang baik. Bahkan meski memiliki program pemasaran, inovasi produk sekalipun, namun jika tanpa ditunjang perilaku administrasi yang bagus, bisa gagal menjadi pengusaha.

“Makanya muncul istilah UMKM itu tumbuh 100 tapi mati 1000 ya karena banyak teman-teman UMKM ini yang kurang kurang rapi dalam administrasi terutama keuangannya meski usahanya belum besar,” tandas Arnaz.

Ditambahkannya, struktur bisnis dunia telah berubah. Istilah ability to escape is from the past muncul terutama pasca pandemi dimana kondisi manusia di dunia sudah berubah.

“Pemanfaatan teknologi mutlak diperlukan baik dari sisi produksi maupun pemasaran dan packaging. Saya berharap, manfaatkan kegiatan pendampingan kali ini sebaiknya, tanya sebanyak-banyaknya agar usahanya sukses dan cuan-nya banyak,” pungkasnya.

Direktur kampus BINUS Semarang Dr Boto Simatupang menegaskan kegiatan ini merupakan upayanya pihaknya bersinergi dan berkolaborasi dengan dunia industri.

Kadin memiliki anggota pengusaha mulai dari yang kecil hingga besar sementara Binus memiliki praktisi yang mampu mendampingi para pengusaha.

“Kami saling mengisi. Kadin bisa memberikan tambahan materi bagi mahasiswa yang akan masuk dunia industri, kami bisa berikan materi pendamping bagi pengusaha pemula seperti sekarang ini,” tegasnya.

Sebelumnya, beberapa pengurus Kadin Kota Semarang sudah memberikan materi terkait advertising dan pendampingan terhadap mahasiswa untuk masuk ke dunia industri.

Adapun Binus sedianya akan memberikan materi bagi pengusaha UMKM terkait brand identity, CRM Bussiness, Social Media Analitycs, social media branding dan masih banyak lagi. (Ak/EL)

Leave a Reply