25 Pelajar SMP di Blora Ikut Simulasi ANBK

25 Pelajar SMP di Blora Ikut Simulasi ANBK

BLORA, 4/8 (BeritaJateng.tv) – Sebanyak 25 pelajar SMP di Kabupaten Blora mengikuti Simulasi Asesemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Gelombang 1, yang dilaksanakan sejak 1-4 Agustus 2022, di sekolah masing masing.

Kepala Seksi Pembinaan SMP Fiqri Hidayat mengatakan tujuan dari simulasi ini untuk melatih kesiapan proktor dan teknisi ANBK setiap sekolah, dan mengecek kondisi media ANBK di sekolah dalam persiapan pelaksanaan ANBK.

“Untuk memastikan aplikasi yang digunakan pada pelaksanaan ANBK dapat berjalan dengan baik,” kata Fiqri, Kamis (4/8/2022).

Ditambahkan Fiqri, ANBK merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, yang dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar di sekolah, yang keluarannya nanti disebut Raport Pendidikan Sekolah.

“Asesmen yang diukur dalam kegiatan ini adalah Literasi Membaca dan Literasi Numerasi, Survei Karakter, serta Survei Lingkungan Belajar,” jelasnya.

Dua Kepala sekolah yakni Wiwik Sulistyowati Kepala SMPN 1 Cepu dan Endang Sri Wahyuni Kepala SMPN 7 Blora, mengatatakan bahwa kegiatan Simulasi ANBK di sekolahnya berjalan lancar tanpa kendala.

Rangkaian kegiatan Asesmen Nasional ini, lanjut Fiqri, masih banyak tahapan kedepan, ada gladi bersih ANBK di Pertengahan bulan September 2022, dan pelaksanaan ANBK jenjang SMP pada tanggal 19-22 September 2022.

Guna mendukung pelaksanaan ANBK, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada PLN, Telkom dan pihak-pihak lain untuk tidak mengadakan kegiatan yang dapat menggangu kelancaran kegiatan ANBK. (Her/El)

Leave a Reply