Blora Raih Penghargaan Menuju Informatif

Pemkab Blora Raih Penghargaan Menuju Informatif. /Foto: Heri P.

BLORA, 17/12 (BeritaJateng.tv) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) menorehkan prestasi untuk Pemerintah Kabupaten Blora dalam ajang

Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2022.

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik lingkup Provinsi Jawa Tengah diberikan Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah di Rama Shinta Ballroom Patra Semarang Hotel dan Convention, Jumat (16/12/2022) malam.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Drs. Sosiawan, MH dalam sambutannya mengatakan tema monev 2022 mewujudkan Badan Publik yang Terbuka dan Inovatif Dalam Pelayanan Guna Mewujudkan Good Government.

“Kami berharap Keterbukaan Informasi Publik tidak berhenti, tidak cukup pada hal hal yang sifatnya teknis administratif dan konsep yang prosedural, namun harus bermanfaat, terimplementasikan pada pelayanan yang ada, yang harus dimiliki oleh seluruh Badan Publik di Provinsi Jawa Tengah ini,” kata Sosiawan.

Dikatakannya, acara yang diselenggarakan malam itu tidak menggunakan istilah pemeringkatan.

“Jadi paradigma yang kami bangun dan kuatkan lewat monev Keterbukaan Informasi ini kualifikasi Badan Publik yang menuju, kurang, cukup atau sudah informatif,” jelasnya.

Hanya saja, penghargaan yang disebut sebagai hasil evaluasi Komisi Informasi adalah kualifikasi, dalam dua kategori yaitu Badan Publik yang Informatif dan Menuju Informatif.

“Dan malam hari ini kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan, kami memberikan penghormatan kepada Badan Publik untuk disebut sebagai Badan Publik yang Informatif dan Menuju Informatif,” terangnya.

Pihaknya menjelaskan dua kategori itu dinilai memiliki prestasi di bidang keterbukaan informasi publik.

“Jadi apakah menuju atau sudah informatif, sesungguhnya hanya beti, beda-beda tipis, artinya kalau kita analogikan di perguruan tinggi, akademik, maka sama-sama lulus ini, cuma apakah cumlaude atau tidak,” sambungnya.

Pada momen seperti ini pihaknya berharap semoga ini menjadi bagian dari introspeksi, bagian dari evaluasi diri bagi seluruh Badan Publik.

“Karena ini event yang setiap tahun diselenggarakan oleh Komisi Informasi di seluruh tingkatan, termasuk Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah untuk mengevaluasi Badan Publik, apakah sudah termasuk kategori informatif, cukup informatif atau menuju informatif,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Handoko Agung Saputra,S.Sos, Komisi Informasi Pusat, menyampaikan selamat atas pencapaian Provinsi Jawa Tengah yang untuk kali kelima menjadi peringkat nomor satu.

“Metode monev 2023 akan disamaratakan di tingkat Kabupaten/Kota hingga SKPD,” ucapnya.

Kedepan pihaknya berharap pemeringkatan tidak lagi didasarkan pada aspek normatif tetapi juga aspek substantif yang berdampak pada kepentingan publik.

Di awal penghargaan Panca Adikarya Tinarbuka diberikan khusus kepada Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen kepada Kepala Dinkominfo Prov Jawa Tengah Riena Retnaningrum,SH.

Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen dalam arahannya menyampaikan penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 ini sangat kita tunggu dan apresiasi sehingga meningkatkan kepercayaan keterbukaan informasi pemerintah kepada masyarakat.

“Terkait dengan hal tersebut tentu kami sampaikan ucapan selamat kepada Badan Publik di Jawa Tengah yang telah meraih peringkat terbaik selama ini,” kata Wagub Jateng.

Kegiatan ini lebih menekankan upaya nyata perwujudan reformasi birokrasi yang semakin baik di lingkungan masing-masing Badan Publik di Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho, S.Sos, MM, selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) hadir bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Irfan Agustian Isfandaru, AP., M.Si., mewakili Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si selaku Atasan PPID Kabupaten Blora.

Dikatakannya, dalam KIP AWARD 2022 menjelaskan Pemkab Blora berhasil meraih kategori Menuju Informatif bersama 10 Kabupaten/Kota lainnya..

Atas pencapaian tersebut, Kepala Dinkominfo Blora menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

“Kita harus bersyukur kepada Allah SWT atas capaian ini, semoga penganugerahan ini terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata Kepala Dinkominfo Blora.

Pihaknya berharap dengan memberikan informasi yang transparan dan akuntabel, membuat kepercayaan publik kepada pemerintah semakin meningkat.

Namun, hal itu juga harus ditunjang dengan merubah mindset sikap ASN yang merupakan bukanlah orang yang harus dilayani, melainkan mesti melayani seluruh lapisan masyarakat.

“Semoga prestasi ini berkesinambungan dengan terus meningkat. Jangan berpuas hanya Menuju Informatif, namun tahun depan semoga bisa kategori Informatif,” pesannya.

Kepala Dinkominfo Blora menegaskan meskipun berhasil meraih prestasi ini, namun masih banyak pekerjaan rumah yang butuh perbaikan, utamanya outcome dari PPID dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Blora.

“Kita harus mengejar manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat dari KIP tersebut, misalnya informasi terkait pendidikan, sosial, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan bahwa pencapaian ini tentu saja berkat dukungan seluruh OPD selaku PPID Pelaksana.

Sehingga untuk meningkatkan prestasi tersebut kedepannya akan lebih mendorong PPID Pelaksana untuk lebih aktif dalam menyiapkan informasi yang dibutuhkan publik.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran PPID yang bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang membanggakan ini,” ujarnya.

Menurutnya penghargaan ini adalah capaian yang luar biasa, dan buah hasil kerja keras tim di Dinkominfo Blora, khususnya bidang IKP Dinkominfo. (Her/El)

Tinggalkan Balasan