DPC Gerbang Tani Resmi Terbentuk, Syaefudin Terpilih Sebagai Ketua

DPC Gerbang Tani Resmi Dibentuk. /Heri P.

BLORA, 13/3 (BeritaJateng.tv) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerbang Tani Kabupaten Blora resmi terbentuk. Pensiunan Dinas Pertanian Sayefudin terpilih sebagai ketuanya.

Terbentuknya organisasi ini diharapkan mampu menjawab permasalahan di bidang pertanian di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Pengukuhan struktur pengurus DPC Gerbang Tani Blora dilakukan langsung oleh ketua DPW Gerbang Tani Jawa tengah Kusnowi, di Pendopo rumah dinas Bupati, Sabtu (12/3) kemarin. Pengukuhan disaksikan langsung Bupati Blora Arief Rohman.

Kusnowi berharap keberadaan gerbang tani di Kabupaten Blora, mampu untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia.

“Ada beberapa isu yang menjadi penggerak di Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Gerbang tani. Tidak hanya ketahanan pangan yang kita gerakkan tapi lebih ke kedaulatan pangan,” jelas Kusnowi.

Untuk mewujudkan itu, kata Kusnowi, perlu adanya digitalisasi bidang pertanian. DPC Gerbang Tani Kabupaten Blora diharapkan bisa melakukan digitalisasi pertanian demi terwujudnya kedaulatan pangan.

“Kita ingin di Gerbang tani ada digitalisasi pertanian. Sudah ada studi yang mengembangkan ini. Harapan di Blora bisa menciptakan pertanian modern tanpa meninggalkan tradisi di Blora,” pintanya.

Lebih lanjut, Kusnowi meminta kedepan agar DPC Gerbang tani Blora juga bisa bersinergi dengan pemerintah Kabupaten dalam mengatasi setiap permasalahan di tingkat petani.

“Tentunya sinergi dengan pemerintah harus dilakukan agar setiap permasalahan di bawah bisa segera ditangani. Tidak hanya masalah pupuk tapi juga bagaimana kita bisa buat market place di bidang pertanian ini,” tandasnya.

Sementara itu ketua DPC Gerbang Tani Blora Syaefudin mengatakan dibetuknya Gerbang Tani di Blora sebagai wadah aspirasi petani di Blora. Diharapkan keberadaan Gerbang Tani ini bisa meningkatkan taraf hidup warga Blora yang kebanyakan petani.

“Gerbang tani Blora dibentuk dengan tujuan untuk mewadahi petani dan nelayan. Serta untuk mewujudkan ketahanan pangan sekaligus mewujudkan Blora menjadi salah satu lumbung pangan Indonesia,” katanya.

Sementara Bupati Arief Rohman menyambut baik terbentuknya DPC Gerbang Tani Kabupaten Blora. Ia berharap Gerbang Tani Blora bisa memaksimalkan potensi pertanian yang ada di Blora.

“Gerbang tani harus bersinergi dengan program-program pemanfaatan yang ada. Potensinya cukup besar. Inovasi kedepan harus dilakukan agar petani Blora ada nilai tambah,” harapnya.

Pemkab Blora pun siap bersinergi dengan program-program yang nantinya ada dibuat.

“Intinya buatlah program yg kongkrit dan bisa dirasakan Masyarakat. Tidak perlu muluk-muluk. Kita siap untuk bersama sama pengembangan pertanian di Blora,” pungkasnya. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.