Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews UpdatePariwisata

Hendi Klaim Kota Lama Salip Borobudur Jadi Destinasi Wisata Terlaris

×

Hendi Klaim Kota Lama Salip Borobudur Jadi Destinasi Wisata Terlaris

Sebarkan artikel ini
Museum Kota Lama Semarang Resmi Dibuka. /Foto: Ellya.

Semarang, 12/5 (BeritaJateng.tv) – Kota Lama Semarang yang semula merupakan wilayah mangkrak kini telah menyalip kawasan Candi Borobudur sebagai destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah.

Hal itu sesuai dengan data Disporapar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang melakukan rekap data kunjungan wisata selama libur dan cuti lebaran. Dalam data tersebut Kota Lama Semarang berada di urutan pertama, disusul Candi Borobudur Magelang di urutan kedua, dan Pantai Menganti Kebumen di urutan ketiga.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Secara lebih detail, Sub Koordinator Pengembangan Pasar Disporapar Jawa Tengah, Tanti Apriani, menyebutkan bahwa Kota Lama Semarang selama libur dan cuti lebaran dikunjungi oleh 162.719 wisatawan, di atas Candi Borobudur dengan 153.070 kunjungan wisata, dan Pantai Menganti dengan 115.775 kunjungan. “Data yang kami himpun diambil dari mulai tanggal 23 April 2022 sampai 10 Mei 2022,” sebutnya, Rabu (11/5).

Tak hanya Kota Lama, dalam data tersebut secara umum Kota Semarang sendiri juga menjadi daerah yang paling banyak diminati wisatawan dengan mencatatakan 399.631 kunjungan. Angka tersebut terpaut cukup jauh dengan Magelang yang ada di peringkat kedua dengan 304.602 kunjungan wisata, maupun Banyumas di peringkat ketiga dengan yang didatangi 281.439 wisatawan.

Berhasilnya Kota Lama juga Kota Semarang sebagai destinas wisata terlaris itu pun tak lepas dari peran Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, yang berhasil mendorong transformasi pada wilayah yang dipimpinnya. Pasalnya ibu kota Jawa Tengah yang semula lebih dekat dengan aktivitas ekonomi di sektor industri, berhasil didorongnya bergeser lebih fokus pada pengembangan pariwisata untuk dapat mewujudkan pemerataan ekonomi masyarakat.

Tinggalkan Balasan