Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

Jangan Buang Minyak Jelantah! Ternyata Bisa Jadi Lilin Aromaterapi nan Estetik, Begini Cara Bikinnya

×

Jangan Buang Minyak Jelantah! Ternyata Bisa Jadi Lilin Aromaterapi nan Estetik, Begini Cara Bikinnya

Sebarkan artikel ini
Lilin Minyak Jelantah
Yuli Kuswanti alias Uyi saat menunjukkan lilin aromaterapi yang bernilai guna dan ekonomis dari bahan dasar minyak jelantah. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Minyak jelantah atau minyak goreng bekas adalah limbah yang hampir ada di semua rumah tangga. Namun, pemanfaatan minyak sisa penggorengan ini masih menjadi PR bagi sebagian orang.

Di satu sisi, cara membuang minyak jelantah tak boleh sembarangan karena bisa menyebabkan pencemaran lingkungan. Di sisi lain, minyak jelantah juga tidak bisa kita biarkan terlalu lama karena bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk memanfaatkan minyak jelantah menjadi barang berguna. Misalnya seperti yang Yuli Kuswanti lakukan. Ia berhasil menyulap minyak jelantah menjadi benda estetik dan berdaya guna. Yakni lilin aromaterapi.

Uyi, sapaan akrabnya, berkomitmen mengajak ibu-ibu rumah tangga untuk mengikuti pelatihan membuat lilin aromaterapi. Mereka akan diajari cara menyulap minyak jelantah yang awalnya kusam, kotor, dan bau menjadi lilin dengan tampilan cantik dan wangi semerbak.

BACA JUGA: Lokasi di Belakang Rumah, Kopi Budi Betulan Jadi Kafe Hidden Gem di Semarang, Ngopi Asyik Khas Rumahan

“Limbah minyak goreng sebenarnya tidak bisa dibuang sembarangan, karena bisa mencemari lingkungan. Banyak ibu rumah tangga yang suka buang sembarangan,” kata Uyi saat beritajateng.tv temui seusai mengisi pelatihan di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, beberapa waktu yang lalu.

Uyi sebenarnya tak memiliki latar belakang kimia ataupun fisika terkait racik-meracik bahan kimia. Namun kepeduliannya terhadap limbah minyak goreng itulah yang membuat Uyi termotivasi mengolahnya menjadi sesuatu yang punya nilai guna lebih.

Tak dipungkiri, sebagai seorang ibu rumah tangga juga, Uyi ingin melakukan kegiatan yang memiliki nilai ekonomis. Salah satunya ialah memproduksi lilin aromaterapi ini.

Tinggalkan Balasan