Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

Kementerian PUPR-Pemkot Semarang Berencana Bangun Pengelolaan Limbah Domestik Terpadu

×

Kementerian PUPR-Pemkot Semarang Berencana Bangun Pengelolaan Limbah Domestik Terpadu

Sebarkan artikel ini
Penandatangan kerja sama Kementerian PUPR dan Pemkot Semarang Proyek Pembangunan Pengelolaan Limbah Domestik Terpadu di Semarang, Rabu (25/1). (Ellya - BeritaJateng.tv)

SEMARANG, 27/1 (BeritaJateng.tv) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bersama Kementerian PUPR menjalin kerja sama pembangunan infrastruktur Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) di enam kecamatan.

“Rencananya akan dibangun di enam kecamatan secara bertahap, untuk pilot project-nya (proyek percontohan) di Kelurahan Banjardowo, Kecamatan Genuk,” kata Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di Semarang, Kamis (26/1).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hal tersebut disampaikan Ita sapaan akrab Hevearita usai Penandatanganan Nota Kesepakatan Pembangunan SPALD-T Banjardowo antara Wali Kota Semarang dengan Direktur Sanitasi Kementerian PUPR.

Setelah Genuk, lima kecamatan lainnya akan menyusul dibangun SPALD-T, yakni Kecamatan Semarang Timur, Semarang Tengah, Semarang Utara, Semarang Selatan, dan Gayamsari.

Ia menjelaskan wilayah yang menjadi sasaran pembangunan SPALD-T adalah kecamatan yang memiliki jumlah penduduk terpadat sehingga infrastruktur yang dibangun itu bisa dirasakan manfaatnya.

Menurut dia, SPALD-T berbeda sistem pengelolaannya dengan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang sudah dimiliki Pemkot Semarang, sebab ada membran khusus yang membuatnya tidak berbau.

“Kalau IPLT masih ada polusi udara, nanti ada sistem pengolahan di bawah tanah. Nah, di atasnya bisa digunakan untuk dibangun taman, limbahnya juga tidak berbau,” katanya.

Pembangunan SPALD-T di Genuk membutuhkan lahan sekitar tiga hektare yang telah dilakukan pembebasan lahan oleh Pemkot Semarang, termasuk sosialisasi kepada masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan