Scroll Untuk Baca Artikel
News UpdatePendidikan

Latih Anak Cerdas Berinteraksi dengan Gadget

×

Latih Anak Cerdas Berinteraksi dengan Gadget

Sebarkan artikel ini

Selanjutnya, untuk mendapatkan manfaat positif dari teknologi digital, anak diajak melakukan kolaborasi. Ada banyak pengetahuan yang bisa diperoleh di dunia digital, yang mungkin tidak dijumpai di lingkungan terdekat.

“Dengan banyaknya guru dari lintas di luar lingkungan kita, dia bisa belajar apa saja yang mereka butuhkan dengan alat gadget ini. Kemudian juga dia (misalnya) bisa berkolaborasi dengan teman-temannya di mancanegaranya. Ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kita,” papar Nawal.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Setelah membentuk anak yang bisa berpikir kritis, tahu bagaimana menggunakan teknologi yang aman, dan berkolaborasi, lanjutnya, dorong anak untuk menciptakan kreativitas. Semua bisa terwujud, apabila orangtua mampu membangun komunikasi efektif dan positif.

“Jangan sampai kita hadir untuk anak tidak sepenuh jiwa dan sepenuh badan. Kadang kita dekat dengannanak, tetapi kemudian kita diajak omong ngelamun, atau kita terus kemudian mengalihkan pembicaraan. Padahal yang mereka butuhkan adalah bagaimana mereka juga diberikan empati oleh orang tuanya. Bagaimana mereka juga ingin orang tuanya hadir sepenuh jiwa dan sepenuh badan. Maka, komunikasi yang efektif ini juga penting. Gunakan kata-kata yang tepat,” urainya. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan