Scroll Untuk Baca Artikel
News UpdatePendidikan

Latih Anak Cerdas Berinteraksi dengan Gadget

×

Latih Anak Cerdas Berinteraksi dengan Gadget

Sebarkan artikel ini

Jepara, 22/10 (BeritaJateng.tv) – Melatih anak untuk cerdas menggunakan gadget wajib dilakukan orang tua di era sekarang. Anak-anak harus diarahkan untuk tidak hanya sekadar menerima dan menikmati segala informasi yang ditontonnya, tetapi juga bisa mengkritisinya.

“Kita harus bagaimana melatih anak-anak kita tetap menggunakan gadget, tetapi dia juga dilatih untuk cerdas dalam dunia digital ini.,” tutur Ketua Umum BKOW Jateng Nawal Arafah Yasin pada kegiatan Gerakan Perubahan Pengasuhan Orang Tua bertema “Tantangan Penggunaan Screen Time pada Anak Mewujudkan Pengasuhan Humanis Tanpa Kekerasan di Era Digital” di Pendapa Kabupaten Jepara, Kamis (20/10/2022).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Nawal menjelaskan, dengan melatih kecerdasan anak menggunakan gawai, mereka diajak berpikir kritis untuk peka terhadap berbagai informasi yang disajikan. Apakah informasi yang diterima bermanfaat atau tidak, kredibel atau hoax. Saat menerima informasi hoax, mereka akan ber-tabayyun dulu.

Cerdas berikutnya yang perlu dibentuk orang tua adalah keamanan dalam menggunakan gawai. Dia memberikan contoh, ketika anak membuka media sosial, dia harus diberi pemahaman, jangan sampai mereka mengunggah materi yang bukan menjadi haknya. Anak juga ditanamkan untuk tidak menuliskan caption atau berkomentar yang tidak etis.

“Jangan sampai dia memposting sesuatu dari sumber orang dan tidak mencamtunkan sumbernya (misalnya). Atau dia mengupload sesuatu tanpa memperhatikan privacy lainnya,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan